Sakit Kanker, Henky Solaiman Tolak Operasi dan Kemoterapi

    Dhaifurrakhman Abas - 23 Januari 2020 19:14 WIB
    Sakit Kanker, Henky Solaiman Tolak Operasi dan Kemoterapi
    Henky Solaiman (Foto: metrotv)
    Jakarta: Aktor senior Henky Solaiman terserang kanker usus. Namun ia ternyata tak mau menjalani operasi dan kemoterapi untuk menyembuhkan penyakitnya.

    "Saya menolak untuk operasi, enggak mau kemo," kata Henky beberapa waktu lalu.

    Menurut Henky, dokter menganjurkannya operasi untuk menggunakan kantong kolostomi sebagai pengganti usus. Itu alasannya mengapa tak mau dioperasi.

    "(Kanker usus) kalau dekat rektrum, 80 persen pakai kantong (kostomi). Dan seumur hidup. Saya pikir itu bukan hidup namanya. Saya tolak operasi dan kemo," tegasnya.

    Meski begitu, Henky mengaku telah memilih menjalani pengobatan alternatif melalui terapi magnet. Lewat terapi tersebut, dia merasa kesehatannya mulai membaik dan tubuhnya semakin bugar.

    “Memang terapinya lama, enggak cepat,” tandasnya.

    Henky Solaiman, lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 30 Agustus 1941. Sepanjang hidupnya, Henky terlibat sebagai produser, pemeran, dan sutradara.

    Di film-filmnya ia jarang sekali tampil sebagai peran utama. Namun film-film yang dia bintangi seringkali mendapatkan penghargaan bergengsi.

    Ambil misal film Hatiku Bukan Pualam yang mendapatkan Piala S. Toetoer FFI (1986) untuk Poster Film Terbaik, Rembulan dan Matahari dinominasikan sebagai Film Terbaik dalam FFI (1979), juga Doea Tanda Mata untuk empat Piala Citra pada FFI (1985). Dia juga pernah menyabet penghargaan lifetime achievement dalam Festival Film Bandung 2016.


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id