Maudy Ayunda dan Menlu Retno Marsudi Kompak Kagumi Keberanian Kartini

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 April 2021 12:05 WIB
    Maudy Ayunda dan Menlu Retno Marsudi Kompak Kagumi Keberanian Kartini
    Maudy Ayunda (Foto: instagram)



    Jakarta: Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan perempuan Indonesia yang harinya diperingati setiap tanggal 21 April. Meskipun zaman sudah modern, namun perjuangan Kartini patut ditiru.

    Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama dalam Sejarah Indonesia pun menyebut sikap Kartini yang bisa diterapkan kaum milenial. Salah satunya, keberanian.

     



    "Setiap kali memeringati Hari Kartini, yang terbayang di benakku itu adalah dia perempuan yang hebat dan berani. Karena terbayang dalam tradisi yang seperti itu, dia berusaha untuk atau berani menyuarakan pendapatnya," ujar Retno dalam Instagram live bersama aktris Maudy Ayunda.

    Ia menekankan, perjuangan Kartini bisa menjadi pedoman para anak muda. Selama hidupnya, Kartini pantang menyerah. Hal kedua, tentang kepedulian terhadap kesetaraan gender. Salah satunya, terkait pendidikan terhadap perempuan yang masih sangat relevan untuk kondisi saat ini.

    "Karena pendidikan adalah pembuka pintu agar kita bisa berjalan masuk dan mengejar mimpi-mimpi kita," jelasnya.

    Maudy Ayunda sepenuhnya setuju dengan pandangan Retno terkait sikap Kartini tersebut. Pemeran film Refrain ini mengaku terkejut dengan pemikiran Kartini yang tertuang dalam surat-surat yang ditulis.

    "Benar kata ibu bahwa dalam konteks itu, pemikiran yang seperti itu luar biasa modernnya. Dan luar biasa beraninya. Karena untuk sekarang itu mungkin merepresentasi banyak opini yang di-share pada kita semua. Tapi pada saat itu, dia (Kartini) hanya sendirian memikirkan hal itu," aku Maudy.

    "Jadi berani dalam kesendirian dan berpikir kritis seperti itu tuh sangat inspiratif untuk aku sebagai perempuan muda," tambahnya.

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id