Via Vallen Akui Keluarganya Takut Dikucilkan Akibat Virus Korona

    Dhaifurrakhman Abas - 26 Mei 2020 14:39 WIB
    Via Vallen Akui Keluarganya Takut Dikucilkan Akibat Virus Korona
    Via Vallen (Foto: MI)
    Jakarta: Pedangdut Via Vallen mengaku keluarganya takut dikucilkan usai dirinya mengunggah berita terkait adiknya yang positif terinfeksi virus korona atau covid-19. Hal itu diungkapkannya secara blak-blakan di Instagram.

    "Keluargaku panik karena postinganku semalam, takut makin dikucilkan karena sebagian masih banyak yang enggak tahu kalau anggota keluargaku ada yang positif #corona," kata Via melalui akun Instagram @viavallen, dikutip Selasa 26 Mei 2020.

    Sebab itu, Via mengajak keluarga beserta masyarakat tak mengucilkan pasien positif virus korona atau covid-19. Sebab hal itu bukan cara tepat menghindari penularan.

    "Corona enggak terbang kok, selagi mengikuti aturan untuk pakai masker dan sering cuci tangan ya kalian bakal aman. Jadi tolong jangan mengucilkan orang-orang yang positif corona," ujar Via.

    Dia juga menuturkan, penyakit yang diderita bukanlah merupakan aib yang harus ditanggung para pasien. Terpenting, masyarakat dan para pasien harus tetap menjaga kesehatan dan pola hidup sehat agar tak tertular virus bermolekul asam ribonukleat tersebut.

    "Kalau kalian ada kepentingan yang mengharuskan keluar rumah pakailah APD (alat pelindung diri), bisa pakai masker kain yang bisa dicuci terus di pakai lagi biar enggak boros!" papar dia.

    Sebelumnya, Via mengumumkan kabar terkait adiknya yang terinfeksi virus korona melalui laman Instagramnya. Hal ini bermula ketika adiknya bernama Apin tak sengaja terjatuh dan kepalanya terbentur lantai hingga mimisan.

    Apin kemudian diajak untuk melakukan tes di laboratorium. Via Vallen juga mengajak seluruh keluarga melakukan check up. Hasilnya, salah satu adik Via Vallen ditemukan memiliki pneumonia. Karena kuatir, Via Vallen melakukan penanganan lanjutan.

    "Hasil paru salah satu adikku ada #pneumonia. Orangtua kuatir karena takut Corona (FYI aktivitas adikku hampir setiap hari ke Surabaya antar jemput pacarnya kerja di Mall). Akhirnya aku tanya ke beberapa spesialis paru dan semuanya bilang enggak apa-apa (itu gara-gara rokok bla bla bla)," tulis Via, Minggu 24 Mei 2020.

    "Adikku ini memang pernah sesak napas jauh sebelum adanya #Corona. Tapi karena salah satu gejala Corona adalah pneumonia, di rumah juga ada orangtua yang sakit. Jadi untuk memastikan semuanya benar baik-baik saja, aku bawa dia rapid ke RS rujukan #Covid19 dan hasilnya NON REAKTIVE," tulis Via.

    Untuk memastikan hasil tersebut, Via Vallen berniat melakukan tes swab. Menurut ceritanya, suster mengingatkan biaya tes swab tak murah dan hasil rapid tes sudah akurat. Via bersikeras melakukan tes swab dan hasilnya adik Via positif.

    "Aku pingin memastikan 100 persen dia baik-baik saja, ya aku maksa aja dia swab dengan menjanjikan kalau hasilnya negatif aku kasih uang jajan karena sebenenya dia engak mau di-swab. Akhirnya dia mau. Setelah menunggu 10 hari, ternyata hasilnya POSITIF," tulis Via.

    Kini adik Via telah melakukan perawatan mandiri di kediamannya. Keluarganya pun menerapkan pola jaga jarak agar virus tersebut tak menyebar.

    "Adekku aman di rumah, tidak ada kontak langsung dengan keluarga. Kita sangat menjaga jarak, dia punya area sendiri," tandas Via.

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id