Artis TikTok Pesta Semasa PPKM Didenda Rp12 Juta, Netizen: Tidak Adil!

    Sunnaholomi Halakrispen - 29 Juli 2021 16:32 WIB
    Artis TikTok Pesta Semasa PPKM Didenda Rp12 Juta, Netizen: Tidak Adil!
    Juy Putri (Foto: instagram)



    Jakarta: Artis TikTok Juy Putri telah diperiksa Satgas Covid-19 akibat mengadakan pesta ulang tahun di tengah PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Hasilnya, ia didenda Rp12 juta.

    "Kamu bersalah dan dendanya Rp12 juta," ujar majelis hakim dalam sidang yang diadakan secara online.

     



    Sanksi tak hanya diberikan kepada Juy, melainkan para tamu yang menghadiri acara perayaan ulang tahun itu. Setiap tamu harus membayar denda senilai Rp2 juta.

    Pihak hotel yang menjadi tempat diselenggarakannya acara itu juga dikenakan denda. Pihak hotel harus membayar Rp17 juta karena mempersilakan ruangan untuk berkerumun di tengah PPKM.

    Namun, keputusan denda terhadap Juy Putri menuai respons publik. Sejumlah masyarakat menilai keputusan tersebut tidak adil. Sebab, sanksi yang diberikan tidak sesuai dengan status sosial Juy yang disebut sebagai public figure, idola remaja di TikTok.

    Netizen membandingkan denda yang diberikan kepada Juy dengan denda yang diberikan kepada pedagang kaki lima. Dalam hal ini, tukang bubur di Tasikmalaya yang mencari nafkah di tengah pandemi divonis denda Rp5 juta oleh Pengadilan Negeri Tasikmalaya.

    Menurut netizen, angka tersebut tentu sangat besar untuk uang yang diperoleh pedagang kecil dalam satu bulan selama pandemi. Sedangkan denda Rp12 juta terhadap Juy Putri, tidak sebanding dengan kesalahan yang sengaja menciptakan kerumunan untuk berpesta.

    "Ini tidak adil! Pedagang yang lagi usaha didenda Rp5 juta. Ini yang lagi foya-foya didenda hanya Rp12 juta," tulis salah satu netizen di Instagram.

    "Rp50 juta seharusnya. Giliran rakyat miskin warung kaki lima Rp5 juta. Padahal untungnya enggak seberapa. Giliran artis TikTok seperti ini sudah ketahuan melanggar, cuma Rp12 juta," timpal netizen lain.

    Selain itu, ada juga netizen yang meluapkan kekesalannya dengan menceritakan pengalaman batal menggelar acara pernikahan. Ia menekankan, kerumunan orang pada perayaan ulang tahun Juy Putri tidak berbeda dengan acara pernikahan.

    "Wah dendanya hanya sebesar itu. Kemarin acara wedding-ku batal karena situasi pandemi dan banyak vendor hangus. Kalau tahu seperti ini aku pilih tambah uang Rp12 juta untuk denda supaya tetap bikin acara," ungkapnya.

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id