comscore

Masih Harus Wajib Lapor, Angelina Sondakh Belum Bebas Bepergian

Elang Riki Yanuar - 04 Maret 2022 17:17 WIB
Masih Harus Wajib Lapor, Angelina Sondakh Belum Bebas Bepergian
Angelina Sondakh (Foto: instagram)
Jakarta: Angelina Sondakh masih harus menjalani wajib lapor setelah bebas dari penjara kemarin. Hari ini, wanita yang akrab disapa Angie itu menjalani wajib lapor pertamanya di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan.

Angie datang ditemani tim kuasa hukumnya. Tak banyak pernyataan yang disampaikan Angie ketika berhadapan dengan wartawan.
"Alhamdulillah, baik," kata Angelina Sondakh di Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Sementara itu, Kepala Bapas Jakarta Selatan, Ricky Dwi Biantoro mengungkapkan jika Angie memang masih harus menjalani wajib lapor dua minggu sekali hingga masa hukumannya selesai.

Saat ini, Angie bisa keluar penjara dengan status Cuti Menjelang Bebas (CMB). Dia baru bisa benar-benar bebas beberapa bulan lagi. Selama Cuti Menjelang Bebas (CMB), mantan napi kasus korupsi itu dilarang bepergian ke luar kota dan luar negeri tanpa izin.

"Angelina Sondakh diwajibkan lapor diri dua minggu sekali ke Bapas Jaksel dan tidak diperkenankan untuk keluar kota ataupun ke luar negeri tanpa izin," kata Kepala Bapas Jaksel, Ricky Dwi Biantoro.

Menurut Ricky, Angie diperbolehkan meninggalkan kota jika keperluannya benar-benar mendesak seperti menemui keluarga, berobat atau pekerjaan. Di luar itu, Angie tidak bisa mendapatkan izin keluar kota.

"Untuk keluar kota memang diizinkan untuk kebutuhan keluarga, berobat, atau alasan bekerja itu diperbolehkan. Mungkin bisa jadi keluarganya ada yang di luar kota," jelasnya.

Selama Cuti Menjelang Bebas (CMB), Angie juga tidak boleh melakukan tindak pidana lagi jika tak ingin statusnya dicabut. Ibu satu anak itu wajib menjalani bimbingan sebelum benar-benar bebas murni nanti.

"Pencabutan CMB dapat berdasarkan syarat umum, yaitu melakukan pelanggaran hukum dan ditetapkan sebagai tersangka. Angie juga harus ikut bimbingan yang sudah disediakan. Setelah mengikuti hal tersebut, dia boleh pergi ke luar kota silakan. Harus diselesaikan dan diwajibkan untuk hadir dulu gitu," paparnya.


 

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id