Azis MS Awalnya Keberatan Bandnya Dinamai Jamrud

    Agustinus Shindu Alpito - 27 Juli 2021 14:58 WIB
    Azis MS Awalnya Keberatan Bandnya Dinamai Jamrud
    Azis MS (Foto: Medcom.id)



    Jakarta: Salah satu grup rock terbesar Indonesia, Jamrud, menyimpan cerita menarik terkait penamaan bandnya. Dalam program pengarsipan Shindu's Scoop, salah satu pendiri Jamrud, Azis Mangasi Siagian, bicara bahwa dirinya sebenarnya keberatan dengan nama Jamrud.

    Mundur ke era 1980-an dan awal 1990-an, Azis MS telah eksis dengan grup rock bernama Jamrock. Band Jamrock lumayan dikenal di kalangan penggemar musik rock karena sering membawakan lagu-lagu band rock dan metal Barat, salah satunya Sepultura.

     



    Pada pertengahan 1990-an, Jamrock berhasil mendapat kontrak dengan label rock terbesar saat itu, Logiss Record. 

    Logiss Record  merupakan label bentukan promotor sekaligus produser kawakan, Log Zhelebour. Log pada era itu dikenal lewat Festival Rock yang digagasnya. Festival yang turut menggerakan roda industri musik rock di Indonesia.

    Log seperti punya tradisi tak tertulis, menamai ulang band-band yang bergabung dengan labelnya. Tak terkecuali Jamrock. Namun, ternyata proses ganti nama yang terjadi saat itu tak sepenuhnya berkenan di hati para personel Jamrock, khususnya Azis MS. 

    "(Menyesali) kenapa pakai nama Jamrud. Pada saat itu aku beranggapan Jamrud itu seperti nama orkes. Cuma kita pada saat itu di depan produser kan enggak mungkin, 'Wah gue enggak mau, mas!'" tukas Azis mengenang momen sekitar 24 tahun lalu.

    "Pada saat itu aku enggak suka, (kenapa harus dinamai) Jamrud banget," lanjut Azis.

    Azis seperti tak punya pilihan. Meski dia keberatan dengan nama baru itu, tetapi bergabung dengan label besar adalah hal yang dia nantikan. Seperti diketahui, label besar musik era itu punya kekuatan yang besar untuk mendistribusikan musik dari band-band yang dinaunginya ke berbagai media promosi.

    "Senang akhirnya kami ditarik label dan rekaman, bikin video klip masuk tv tapi setiap ingat nama Jamrud itu. Tapi itu awal, begitu orang sering nyebut nama-nama Jamrud jadi terbiasa," tukas Azis.

    Simak wawancara jurnalis Shindu Alpito dengan gitaris dan penulis lagu-lagu Jamrud, Azis MS, dalam episode terbaru Shindu's Scoop di YouTube Medcom.id.



     

    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id