Jazz Gunung 2019 Hadirkan "Bapak Patah Hati" Didi Kempot

    Agustinus Shindu Alpito - 19 Juni 2019 17:10 WIB
    Jazz Gunung 2019 Hadirkan
    Jumpa pers Jazz Gunung 2019 (Foto: Medcom/Shindu)
    Jakarta: Belakangan jagat media sosial diramaikan dengan penunjukkan sepihak warganet atas titel musisi Didi Kempot, yaitu "Bapak Patah Hati."

    Julukan itu diberikan bukan tanpa alasan, Didi Kempot dianggap mewakili perasaan jutaan warga Indonesia, khususnya yang berbahasa Jawa, atas perasaan patah hati yang didera.




    Penulis asal Magelang, Agus Mulyadi atau lebih dikenal lewat akun Twitter @AgusMagelangan, jadi salah satu warganet yang lantang menyuarakan sosok Didi Kempot sebagai "Bapak Patah Hati."

    Kini, nama Didi Kempot masuk dalam daftar penampil Jazz Gunung Bromo 2019, yang digelar di Jiwa Jiwa Resort Bromo, Probolinggo, pada 26 dan 27 Juli 2019.

    Selain Didi Kempot, hadir pula Tompi, Idang Rasidji, Candra Darusman Projects, Djaduk Ferianto's Ring of Fire Projects, dan Nita Aartsen & Kwartet. Hadir pula kuartet jazz asal Perancis, Voyager, dan grup acid-jazz, funk, asal Belanda, Tristan.

    "Yang membedakan di Jazz Gunung ada world music yang menjadi kekuatan."

    "Ini festival jazz yang beda, hubungannya dengan alam. Bisa dikatakan ini festival jazz tertinggi secara lokasi. Ini menjadi satu keunikan," kata Djaduk Ferianto, salah satu penggagas Jazz Gunung, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.

    Tahun ini Jazz Gunung mengangkat tema Jazz Bersaksi untuk Ibu Pertiwi.

    "Saya membayangkan para pendiri bangsa tak ubahnya musisi bangsa, karena jazz penuh keberagaman. Indonesia juga lahir dari kebaragaman," kata Butet Kertaradjasa, yang turut menginisiasi lahirnya Jazz Gunung.

    Dalam festival ini akan dianugerahkan Jazz Gunung Award kepada Maryono, pemain saksofon, klarinet, dan flute kelahiran Yogyakarta.  Maryono pernah menjadi bagian dari grup jazz Indonesian All-Star, yang eksis pada dekade 1960-an. Grup itu terdiri dari Jack Lesmana, Bubi Chen, Jopie Chen, dan Benny Mustapha. Grup ini kemudian merekam sebuah album bernama Djanger Bali, dengan melibatkan peniup klarinet asal Amerika Serikat, Tony Scott.

    Informasi seputar tiket dapat diakses melalui www.jazzgunung.com.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id