comscore

Divonis Bersalah karena Ubah Lirik "Lagi Syantik", Gen Halilintar Belum Bayar Ganti Rugi

Elang Riki Yanuar - 20 Mei 2022 15:44 WIB
Divonis Bersalah karena Ubah Lirik Lagi Syantik, Gen Halilintar Belum Bayar Ganti Rugi
Pencipta Lagi Syantik dan CEO Nagaswara di peluncuran Festival Suara (Foto: dok. nagaswara)
Jakarta: Gen Halilintar dinyatakan bersalah karena mengubah lagu "Lagi Syantik" tanpa izin. Dalam putusan kasasi, Mahkama Agung (MA) menjatuhi hukuman keluarga Halilintar itu sebesar Rp 300 juta mengubah lirik tanpa izin Nagaswara selaku label.

Meski putusan MA sudah diketuk palu sejak Desember 2021, keluarga Gen Halilintar ternyata belum memenuhi kewajibannya. Padahal, putusan itu sudah berkekuatan hukum tetap.
"Putusan hukum ini sudah final, berkekuatan hukum tetap. Tapi sampai sekarang belum ada itikad baik untuk membayar," kata kuasa hukum Nagaswara, Yosh Mulyadi, di Jakarta.

Pihak Nagaswara yang mewakili Yogi Adi Setiawan dan Pian Daryono selaku pencipta lagu "Lagi Syantik" mengancam menempuh upaya hukum lain jika Gen Halilintar tidak memenuhi kewajiban mereka.

Kasus pelanggaran hak cipta yang dilakukan Gen Halilintar berlangsung selama empat tahun. Gen Halilintar diketahui menyanyikan ulang lagu "Lagi Syantik" dan mengubah lirik lagu yang dipopulerkan Siti Badriah itu. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat awalnya memvonis Gen Halilintar tidak bersalah, tapi dalam upaya hukum selanjutnya mereka dinyatakan bersalah.

"Alhamdulillah, saya secara pribadi senang ya dengan kemenangan di tingkat PK. Walaupun seperti kata pengacara ada beberapa hal yang memang missed dikabulkan. Tapi setidaknya untuk yang ini dikabulkan. Apa yang kita upayakan bisa terjembatani dengan adanya putusan tersebut," kata Yogi RPH.

Berkaca dari pengalaman itu, Nagaswara bekerjasama dengan PAMPI (Prakarsa Antar Musik Publishing Indonesia) mengenalkan platform Festival Suara. Dalam platform ini, para kreator bisa menjadi anggota dan memilih katalog lagu yang disediakan oleh para publisher. Sehingga prosedur perizinan diharapkan jauh lebih mudah.

"Simplenya, satu kali daftar atau satu kali pilih, itu semua publishing katalog lagunya bisa dicover. Bisa daftar pakai hape juga secara online. Enggak perlu repot-repot. Kami sekarang sudah ada 12 publishing, dan akan masuk total sebanyak 22 publishing. Sementara, jumlah katalog lagunya sekitar 13 ribu lebih. Ke depan kita harapkan lebih dari 25 ribuan lagu," papar CEO Festival Suara, Bagus Trisakti.

Sementara itu, Yogi bukannya tidak senang lagu "Lagi Syantik" dinyanyikan orang lain. Namun, ada aturan tersendiri terkait urusan meng-kaver lagu. Dia ingin publik sadar pentingnya menghormati karya orang lain.

"Festival suara ini juga memberikan kemudahan buat mengcover lagu. Enggak seperti dulu, harus minta izin ke saya, tapi sekarang sudah bisa lewat aplikasi dengan banyak kemudahan perizinan lainnya. Jangan pernah takut untuk meng-cover lagu. Takut itu untuk yang belum tahu. Yang sudah tahu dan mau ngerti biasanya ke saya langsung atau ke publishing," tutup Yogi.

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id