Guruh Dekat Dengan Seni Sejak Bayi

    Agustinus Shindu Alpito - 02 Juni 2014 11:28 WIB
    Guruh Dekat Dengan Seni Sejak Bayi
    Guruh Soekarnoputra.(foto:MI/Adam Dwi)
    medcom.id, Jakarta: Menumbuhkan rasa peduli pada seni budaya bangsa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memperkenalkan pada anak sejak dalam kandungan. Hal ini diungkapkan oleh budayawan, Guruh Soekarnoputra. Menurut putra bungsu Bung Karno itu, dengan aktif memperkenalkan seni budaya pada anak sejak dini, anak akan terbiasa dan akrab dengan budaya.

    "Bahkan dari kandungan juga harus dimulai untuk mengenalkan seni, Karena dalam ilmu kedokteran, janin sudah bisa mendengar.
    Dengarkanlah musik Indonesia pada janin. Seperti saya, dididik dari bayi mendengarkan suara gamelan, jadi saat dewasa tanpa belajar jadi akrab dengan gamelan," ujar Guruh saat ditemui di kawasan Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, pada Minggu (5/1).

    Guruh menggambarkan bahwa proses belajar seni budaya itu seperti belajar bahasa ibu, tidak dengan cara formal tetapi membiasakan anak dekat dengan seni budaya dalam kesehariannya. Setelah anak sudah menginjak usia sekolah, menurut Guruh hal yang harus dilakukan adalah memberi pengertian soal moral dan Pancasila.

    "Anak Indonesia itu tunas bangsa, generasi penerus, dari sejak dini harus dipupuk dan dibina jadi kader bangsa, agar nantinya bisa terus berbakti untuk nusa dan bangsa.  Dibentuk moral dan mentalnya, dibentuk jadi jiwa Pancasila dari kecil. Semangat gotong royong dari kecil, saling memghargai," imbuh Guruh.

    Guruh memang dikenal aktif sebagai seniman yang peduli terhadap berbagai bentuk seni budaya di Indonesia, mulai dari seni tari,
    gamelan, hingga musik kontemporer. Salah satu karya musik Guruh yang bertajuk Guruh Gipsy pernah mendapat apresiasi yang tinggi karena mampu menghadirkan nuansa tradisional gamelan dalam musik yang modern.

    (FIT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id