comscore

FKJ Umumkan Album Baru dan Rilis Lagu Kolaborasi dengan Santana

Agustinus Shindu Alpito - 12 April 2022 14:37 WIB
FKJ Umumkan Album Baru dan Rilis Lagu Kolaborasi dengan Santana
FKJ dan Santana (Foto: via Secret Signals)
Jakarta: Musisi, produser, dan multi-instrumentalis French Kiwi Juice (FKJ) mengumumkan album keduanya yang akan datang berjudul V I N C E N T yang siap dirilis pada 10 Juni 2022 mendatang. Bersamaan dengan pengumuman itu, musisi asal Perancis tersebut turut merilis single pertama dari album barunya, "Greener", yang turut menampilkan gitaris legendaris Santana.

FKJ tumbuh dengan musik Santana dan dalam proses pembuatan album barunya, ia menulis surat kepada Santana untuk berterima kasih atas inspirasi yang ia berikan.
“Aku menulis bahwa ketika aku mendengarkan radio saat dulu masih kecil, pada saat Spotify belum ada, aku akan menunggu lagunya 'Smooth' untuk diputar sehingga aku dapat merekamnya, dan aku juga mengatakan bahwa cara dia memainkan instrumen seperti memiliki suatu bahasa sendiri dan itu seolah berbicara kepadaku,” kata FKJ.

“Aku tidak menyangka bahwa dia akan mengatakan bahwa dia senang dan ingin ikut bergabung di lagu saya.”

Hasilnya, “Greener” menjadi sebuah lagu neo-soul yang mengekspresikan siapa FKJ — seorang multi-instrumentalis dan produser virtuoso dengan satu sisi di dunia baru dan sisi lainnya di dunia yang lama, menciptakan musik-musik yang penuh perasaaan dan tanpa batas untuk generasi yang genre-fluid ini. Musiknya menggabungkan jazz, soul, folk, rock, dan sentuhan eksperimental yang membuatnya setara dengan musisi-musisi seperti Tom Misch, James Blake dan Jacob Collier.

Berbicara lebih lanjut tentang “Greener” dan kolaborasinya dengan Santana, FKJ menambahkan, "'Greener' adalah lagu yang menulis dirinya sendiri dalam satu malam. Tema ini adalah sesuatu yang sering aku pikirkan - kecenderungan kita untuk membandingkan hidup kita dengan orang lain dan merasa iri, meskipun kita sudah memiliki semua yang kita butuhkan. Apalagi dengan adanya media sosial yang membuat hidup setiap orang terlihat begitu sempurna.

Ini dimulai ketika aku sedang bermain-main dengan fender bass VI ku suatu malam. Aku sangat menyukai instrumen ini. Aku kemudian menulis lagu untuk melodi ini, dan menambahkan drum live dan gitar utama yang aku mainkan di versi pertama lagu tersebut. Seorang teman yang mendengar versi pertama ini memberi tahu bahwa dia bisa mendengar pengaruh Santana dari gitar utama itu. Menurutku ini sangat masuk akal. Aku tumbuh dengan musik Santana dan memiliki banyak kenangan mendengarkan dan belajar gitar. Jadi aku menulis surat kepadanya, berterima kasih padanya untuk semua inspirasi selama ini. Aku kemudian menambahkan " Jika kamu menyukai lagu ‘Greener’, tentu saja aku akan senang bila kamu mau ikut bergabung". Itu awalnya hanya semacam lelucon dan aku sama sekali tidak berharap apa-apa, tetapi Carlos Santana mendengar musik ini dan berkata bahwa dia ingin ikut menjadi bagian darinya!”

Membahas tentang kolaborasi ini, Santana menambahkan, “Merupakan suatu kegembiraan untuk berkolaborasi dan berbagi musik dengan saudara saya Vincent (FKJ) di 'Greener.' Bersama-sama kami melukis sebuah kanvas dengan warna, tekstur, dan musikalitas yang kami tahu akan memberi pendengarnya sebuah keberanian dan kesadaran mendalam akan cahaya dari diri dan kehidupan mereka sendiri. Setelah itu terjadi, tidak ada lagi perpecahan, perpisahan, atau ketakutan. Yang ada hanyalah kegembiraan.”

V I N C E N T  adalah album kedua FKJ dan menandakan sebuah era baru, tidak hanya sebagai produser dan remixer andalan untuk musisi seperti PinkPantheress dan Moses Sumney, tetapi juga berdiri sendiri sebagai seorang musisi dengan tur 'one-man-band'-nya yang diakui dan sold out di seluruh dunia, serta lebih dari satu miliar stream secara global di seluruh platform untuk musiknya.

Konsep untuk V I N C E N T  muncul saat ia sedang melakukan solo trip ke Los Angeles sebelum tahun 2020. “Aku hanya tinggal di satu rumah ini sendirian, mematikan ponselku dan memiliki waktu untuk bisa jauh dari segalanya dan mencari tahu apa yang ingin aku lakukan.”

Ketika kembali ke studio rumahnya di Filipina, tanpa wifi dan di saat sebagian besar dunia sedang melewati masa lockdown, FKJ benar-benar seperti terputus dari dunia dan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi musik dengan kemungkinan yang tak terbatas.

"Kadang-kadang aku akan masuk dan mengeksplorasi musik sepanjang malam dan baru tidur ketika matahari terbit," tukas FKJ.

Dari kebebasan ini muncul sebuah album ekspresionis dan menyentuh yang tidak terbatas. Tidak lagi bersembunyi di balik ranting daun, seperti yang dia lakukan di sampul album perdananya di tahun 2017, V I N C E N T menjadi momentum FKJ sebagai musisi dengan suara yang baru. Ia mendefinisikan ulang musik chillout dengan sentuhan saxophone jazz dan piano, ditambah dengan vokalnya yang whispery, yang mengingatkan kita akan karya-karya awal Bon Iver, dan alunan gitar khas Santana.
 

(ASA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id