Nada Protes dari Kota & Ingatan dalam Lagu Setiap Musim di Tanah Kami

    Cecylia Rura - 07 November 2019 08:00 WIB
    Nada Protes dari Kota & Ingatan dalam Lagu Setiap Musim di Tanah Kami
    Kota & Ingatan. (Foto: Dok. Kota & Ingatan)
    Jakarta: Grup musik asal Yogyakarta Kota & Ingatan mengekspresikan tema Reformasi Dikorupsi dalam singel terbaru Setiap Musim di Tanah Kami. Kurang lebih selama sebulan, Kota & Ingatan mengumpulkan teks serta footage yang beredar dari aksi demonstrasi pasca reformasi.

    "Seluruh teks dalam catatan ini dihimpun dan digubah dari poster aksi teman-teman demonstran #reformasidikorupsi. Pun sebagian besar footage dalam catatan ini merupakan hasil tangkapan beberapa teman yang turun ke jalan selama aksi berlangsung," ungkap Aditya Prasanda, pelafal teks Kota & Ingatan dalam keterangan pers.

    Kelompok musik yang berdiri sejak 2016 itu bekerja sama dengan videografer Nerpati Palagan dalam mengumpulkan footage hasil kiriman sukarela para demonstran. Footage yang terkumpul diambil dalam suasana ketegangan sebelum dan sesudah reformasi.

    Poster-poster demonstran yang tersebar di media sosial juga dikumpulkan. Menurut mereka, poster aksi bernada satir itu dari para demonstran milenial dan gen z adalah pernyataan sikap kuat dan relevan dengan hari ini.  

    "Poster aksinya tidak setegang saat Soeharto dilengserkan. Wajar, sebab zaman terus bergerak. Namun jangan pernah anggap remeh yang santai dan nyeleneh. Sebab ada pernyataan sikap yang begitu menggigit di sana," kata Aditya.

    Kota & Ingatan berharap, meski tak semua dapat dirangkum, karya ini bisa menjadi arsip zaman atau kumpulan nada-nada protes yang dilagukan.

    "Tak menutup kemungkinan bisa jadi lebih efektif, baik sebagai arsip zaman maupun kumpulan kebisingan yang mengganggu siapapun yang tidak siap dengan kritik tersebut. Sebab pada dasarnya, banyak orang sudah muak dengan politik berbagi kekuasaan, orba kemasan baru," ungkap Adit.

    Setiap Musim di Tanah Kami dari Kota & Ingatan telah dirilis sejak 1 November 2019 melalui YouTube dan platform musik digital.


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id