UNS Gelar Paduan Suara Virtual Pertama di Indonesia

    Dhaifurrakhman Abas - 21 Juni 2020 21:49 WIB
    UNS Gelar Paduan Suara Virtual Pertama di Indonesia
    Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
    Jakarta: Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar konser virtual untuk pertama kalinya bertajuk Anvaya, Syukur dan Harapan pada Minggu malam 21 Juni 2020. Konser digelar sebagai wujud keprihatinan PSM Voca Erudita UNS terhadap kondisi dunia yang yang sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

    "Kita ingin memberikan semangat dan juga menyampaikan pesan bahwa hidup ini akan terus berlanjut, maka dari itu kita harus tetap bersyukur atas semua yang terjadi dan selalu berharap yang terbaik untuk kehidupan ini, sesuai dengan tajuk dari konser ini,” kata Humas PSM Voca Erudita UNS, Yusron Avivi, melalui pesan elektronik yang diterima Medcom.id, Minggu 21 Juni 2020.

    Dalam kesempatan itu, Yusron membeberkan makna Anvaya yang menjadi tajuk konser tersebut. Yusron menyebut, Anvaya diartikan dalam bahasa Sansekerta sebagai syukur dan kebaikan.

    "Ini dipilih PSM Voca Erudita UNS untuk mewakili rasa syukur dan harapan mereka dalam menjaga kehidupan dan alam semesta," ucap Yusron.

    UNS Gelar Paduan Suara Virtual Pertama di Indonesia

    Dalam kesempatan terpisah, Hazim selaku Ketua Penyelenggara Konser Virtual Anvaya, Syukur dan Harapan mengatakan, dalam konser ini PSM Voca Erudita menyelipkan harapan kepada kelompok masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Mereka ingin agar masyarakat terdampak terus optimis dan bertahan.

    “Memberikan dukungan dan semangat kepada semua orang tanpa terkecuali yang sekarang ini terdampak pandemi dan orang-orang yang memang harus berjuang/bertahan di masa-masa pandemi. Kami membawakan lagu dan menyusun ceritanya agar menjadi kaleidoskop yang merangkum bahwa kita pernah mengalami kejadian pandemi tahun ini,” ujar Hazim.

    Jalannya Konser Virtual Anvaya yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube PSM Voca Erudita pukul 19.00 WIB. Jalannya konser disaksikan 2.000 penonton.

    Persembahan memukau dari PSM Voca Erudita UNS ini merupakan hasil karya dari 140 penyanyi. Jumlah tersebut terdiri atas 110 anggota aktif dan 30 alumni PSM Voca Erudita UNS.

    Adapun jalannya konser virtual tersebut dipimpin oleh dua konduktor dan seorang konduktor junior. Mereka adalah Redi Sabtono, Ardhian Dika Adhyatma, dan Agata Martha Wardani.

    Sejumlah lagu nan menggetarkan hati dinyanyikan PSM Voca Erudita sebagai repertoar. Lagu-lagu tersebut diantaranya Ibu Pertiwi, Sahut Namaku, Lelo Ledung, Bersujud Padamu, Karena Kau Ada, dan Indonesia Pusaka.

    UNS Gelar Paduan Suara Virtual Pertama di Indonesia

    Konser dibuka dengan kata sambutan Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho. Dalam kata sambutannya, Jamal mengutarakan rasa bangga dan dukungannya terhadap ibu pertiwi serta jalannya konser tersebut.

    "Kita bisa melakukan apa yang menjadi hal yang akan dikehendaki. Bergerak, pergi, kemanapun untuk ibu pertiwi. Tersenyum berseri, namun di sisi lain, pandemi ini memberikan kesempatan ibu pertiwi untuk bernapas dan menyembuhkan diri. Niscaya kehidupan akan terus berlanjut dengan harapan baru," tandas dia.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id