Padi Terapkan Aturan Tegas dalam Setiap Karyanya

    Dhaifurrakhman Abas - 18 Desember 2019 17:13 WIB
    Padi Terapkan Aturan Tegas dalam Setiap Karyanya
    Padi (Foto: Medcom)
    Jakarta: Grup band Padi punya aturan tegas dalam meracik setiap lirik lagu yang mereka ciptakan. Lagu-lagu Padi harus digaungkan dengan lirik yang memiliki pesan moril dan bersifat solutif.

    "Padi liriknya ada aturan. Pertama, temanya tidak men-judge orang. Lalu bicara dengan cara paling baik. Kemudian, bicara tentang diri sendiri dan harus ada solusi yang ditawarkan," kata vokalis Padi, Andi Fadly Arifuddin yang akrab disapa Fadly, dalam Shindu's Scoop Episode Fadly 'Padi' | Jalan Sunyi Menyelamatkan Jiwa.

    Fadli mengatakan, aturan tidak tertulis ini sudah ditentukan sejak awal berdirinya band Padi. Aturan diciptakan oleh Fadly bersama sang gitaris, Satriyo Yudi Wahono atau biasa dipanggil Piyu .

    "Saya dengan mas Piyu (Satriyo Yudi Wahono) janjian. Saya tertarik sama hal-al seperti nasihat. Keadaan jiwa, lebih tertarik dengan hal itu," sambungnya.

    Dia mencontohkan pada satu lagu Padi berjudul Semua Tak Sama. Fadli menyebut lirik lagu tersebut menceritakan seseorang tengah mengeluh yang digambarkan pada bagian intro hingga chorus lagu. Namun pada bagian ekor lagu atau coda, Padi memasukan pesan solutif di bagian liriknya.

    "Contoh, lirik Semua Tak Sama. Isinya mengeluh. Sampai akhirnya ada solusi kalimat Sampai Kapan. Selalu harus ada itu," paparnya.

    Lebih lanjut, Fadly menyebut akan terus memasukan aturan tersebut dalam setiap karya-karya Padi. Dia ingin pendengar tidak hanya menikmati lagu, namun juga mendapatkan inspirasi dan solusi setelah mendengarkan lagu-lagu yang ditawarkan Padi.

    "Bagaimanapun walaupun sedikit harus ada pesan, atau hikmah di dalamnya. Sehingga bukan hanya inspirasi yang orang dapat, tapi juga solusi," tandasnya.

     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id