Indonesian Music Expo (IMEX)

    Iwan Fals Nyanyikan Lagu Bongkar dengan Suasana Lain

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 Oktober 2020 10:13 WIB
    Iwan Fals Nyanyikan Lagu Bongkar dengan Suasana Lain
    Iwan Fals di pembukaan Indonesian Music Expo (IMEX)
    Jakarta: Musisi Iwan Fals tampil memukau seperti biasanya. Namun kali ini, di pembukaan Indonesian Music Expo (IMEX), Iwan menyanyikan lagu Bongkar dan Bangunlah Putra Putri Pertiwi dengan suasana lain.

    Legenda Musik Indonesia itu tak sendirian dan tidak berada di atas panggung megah. Pada konser virtual di tengah pandemi covid-19 ini, ia berkolaborasi dengan INO (Indonesia National Orchestra).

    Iwan Fals tampil dengan gaya santai sebagai ciri khas-nya. Ia menggunakan kaos berwarna coklat dipasangkan dengan sarung berwarna senada.

    Tak ketinggalan, topi hitam dan kacamata-nya. Namun uniknya lagi, Iwan kali ini tak mengenakan alas kaki sama sekali, tampak sederhana.

    "Saya senang (berkolaborasi dengan INO) karena bisa dengar suara-suara dari banyak daerah kan di lagu Bongkar itu. Masuk, seru juga," ujar Iwan di pembukaan IMEX, Minggu, 11 Oktober 2020.

    INO sendiri merupakan grup musik dengan versi ansambel. Dipimpin oleh Franki Raden, komposer-etnomusikolog yang mendasarkan musiknya pada berbagai musik Indonesia.

    Sebanyak 13 personel INO dengan alat musik gamelan, satu panggung dengan Iwan Fals. Termasuk kendang, gong, suling, serta alat musik gamelan lainnya. Bahkan, ada seorang wanita yang bernyanyi sebagai backing vocal dengan gaya sinden.

    Bagi Franki, timnya perlu dan ingin bekerjasama dengan para artis seperti Iwan. Sebab, timnya terbiasa hanya menggarap musik mereka sendiri. Kolaborasi pun menjadi sesuatu yang baru.

    "Ini sebuah tantangan yang luar biasa apa lagi yang katakanlah lagu Bongkar yang sudah dikenal orang. Bagaimana kita bisa memberikan pikiran yang baru di musik Bongkar ini dengan alat-alat tradisi untuk membuktikan bahwa musik tradisi itu bisa fleksibel," ucapnya.

    "Ini salah satu cara kita membuktikan dan mudah-mudahan para pendengarnya bisa menikmati. Tetap lagu Bongkar tapi dengan bentuk ada nuansa yang lain," tambahnya.

    Gamelan sendiri merupakan sebuah musik ensambel tradisional Indonesia. Musik jenis ini populer di wilayah Jawa, Sunda, dan Bali.

    Di sisi lain, jika pada konser Iwan biasanya banyak berkibar bendera OI, konser kali ini dihujani komentar di kolom live chat. Para penggemar dari berbagai daerah mengungkapkan kerinduan mereka menyaksikan Iwan Fals bernyanyi. Tak sedikit pula yang menuliskan lirik lagu layaknya bernyanyi di tengah konser.



     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id