Makna Lagu Lathi Menurut Maestro Tari Didik Nini Thowok

    Dhaifurrakhman Abas - 24 Juni 2020 14:30 WIB
    Makna Lagu Lathi Menurut Maestro Tari Didik Nini Thowok
    Didik Nini Thowok (Foto: MI)
    Jakarta: Seniman Didik Nini Thowok mengapresiasi lagu beserta video musik Lathi besutan Weird Genius. Menurutnya lagu tersebut lekat dengan tradisi teater Noh Jepang.

    "Saya melihat di dalam klipnya Weird Genius ini memang menggambarkan wanita disakiti kemudian muncul menjadi menakutkan. Itu saya lihat paralel dengan filosofi Jepang Noh," kata Didik ketika berbincang dengan Medcom.id melalui sambungan telpon, Rabu 24 Juni 2020.

    Didik mengatakan, filosofi yang terdapat di lagu Lathi teramat dalam dan menarik untuk dikulik dari sisi budaya. Sebab itu, dirinya kemudian tertarik membuat video klip Lathi Challenge berdasarkan versinya yang terinspirasi dari teater Noh.

    "Dan kebetulan ini juga atas dorongan dari anak dan manajemen yang menghubungi saya. Mereka bilang ini lagi viral Lathi Challenge, sehingga saya tertarik," papar dia.

    Lathi Challenge versi Didik menampilkan topeng Hannya berwarna dari Jepang dibalut dengan tari Dwimuka. Lathi Challenge Didik ditayangkan melalui kanal YouTube didikninithowok.

    "Kemunculan topeng Hannya yang warna merah itu, bahwa sebenarnya itu filosofi di Jepang bahwa wanita kalau menikah memakai itu dan menutupi tanduknya menggunakan topi warna putih. Itu simbolnya, bahwa wanita kalau marah punya tanduk. Itu sebenarnya simbol bahwa wanita kalau marah menakutkan. Ada sisi demon-nya yang muncul," ungkap dia.

    Kreasi yang diunggah Didik sontak saja mendapat banyak pujian dari warganet. Mereka beranggapan Lathi Challenge versi Didik merupakan yang paling baik di antara versi lainnya.

    "Juara umum eyang. Idola banget dari zaman SD sampai sekarang," ucap warganet bernama Lanuy.

    Adapula warganet yang menyarankan para kreator mesti sowan dulu kepada Didik sebelum mengikuti Lathi Challenge. Sebab tarian dan nuansa angker yang ditampilkan Didik dalam tantangan tersebut sangat apik.

    "Anak tiktok minggir dulu kalian, sungkem dulu sama maestronya. Level tingkat tinggi," tulis netizen bernama Heri Sugianto.

    Hingga kini, video Lathi Challenge versi didik sudah disaksikan hingga 20 ribu penonton. Video berdurasi 1 menit 21 detik itu juga sudah disukai lebih dari 10 ribu warganet.




     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id