Ras Muhamad Bawa Perspektif Baru di Lagu Jawara

    Dhaifurrakhman Abas - 24 Maret 2020 21:36 WIB
    Ras Muhamad Bawa Perspektif Baru di Lagu Jawara
    Ras Muhamad (Foto: MI/Ramdani)
    Jakarta: Musisi Ras Muhamad merilis singel terbarunya bertajuk Jawara pada 2020. Lagu ini diagungkan untuk mengingatkan setiap manusia dilahirkan sebagai pemenang.

    "Jawara ini sebetulnya secara narasi ingin menyampaikan pesan kepada saya sendiri dan masyarakat, kalau merasa down atau jatuh kita semestinya harus bangkit dalam perjuangan kita," kata Ras Muhamad ketika berbincang dengan Medcom.id, Selasa 24 Maret 2020.

    Ras Muhamad mengatakan, lagu ini terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang jatuh bangun menjalani kehidupan. Dari perjalanan hidup itu, Ras Muhamad ingin mengubah perspektif bahwa setiap orang yang sukses menyelesaikan urusannya merupakan seorang jawara.

    "Saya defenisikan ulang atau perspektif baru bahwa jawara atau juara adalah jagoan dan andalan. Seorang jawara tidak perlu validasi dari luar atau diberikan semacam piagam atau medali, bukan dalam bentuk materi," ucap dia.

    Dalam meracik lagu Jawara, Ras Muhamad menggandeng tiga musisi internasional, Promoe (Swedia), Cali P (Swiss) dan Tóke (Berlin). Lagu ini mulai diproduksi sejak akhir 2018 lalu.

    "Sekitar akhir 2018, kami mendapatkan instrumental dan tertarik membuat lagu bersama Tóke, Cali P dan Promoe. Kemudian kami workshop juga brainstorm dulu hingga mulai meracik lagu," papar dia.

    Ras Muhamad menggadang-gadang lagu ini berbeda dari karyanya yang lain. Sebab dia memasukan aransemen musik hiphop, funk, serta unsur soundrtack film di lagu terbarunya ini.

    "Banyak inovasi di musik aransemen Jawara. Cord progressionnya banyak sekali, walaupun fondasi dan napasnya masih reggae," papar dia.

    Jawara digarap oleh Oneness Records dari Munchen, Jerman. Lagu ini merupakan salah satu lagu andalannya buat album terbarunya bertajuk Satryo yang bakal rampung

    "Ini lagu ke-4. Insya Allah lagu ke-5 rilis beberapa hari sebelum ramadan," ujar dia.

    Jawara sudah dapat didengarkan di YouTube dan berbagai platform musik digital. Lebih lanjut Ras Muhamad berharap lagu tersebut bisa mendapat apresiasi dan mampu memotivasi pendengar dalam menjalani kehidupan.

    "Semoga bisa didengar banyak orang indoensia dan bisa memberikan semangat semua orang indonesia dan seluruh orang di bumi adalah seorang jawara," tandas dia.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id