Cara Konsisten Membuat Konten Kreatif ala 5Kawan

    Sunnaholomi Halakrispen - 14 Oktober 2020 21:32 WIB
    Cara Konsisten Membuat Konten Kreatif ala 5Kawan
    Rail dalam web-talk Indonesia Pulih, Konten Kreatif Tumbuh CET (Content Every THINK) oleh PFN Creative Academy.
    Jakarta: Podcast masih menjadi salah satu media yang digemari para milenial dan siapa pun bisa membuat podcast. Tak perlu ragu, lakukan saja sejumlah cara agar bisa konsisten membuat konten kreatif.

    Menurut Rail Mifta Zelira, Podcaster 5Kawan (Pemuda Asal Minang), paling tidak ada lima hal yang perlu diterapkan sebagai cara menjaga konsistensi dalam berkonten. Pertama, jangan pernah takut untuk memulai segala sesuatu.

    "Awalnya kita enggak pakai naskah, buat saja dahulu (apa pun). Kita kepikiran tentang fenomena sepeda, langsung bahas," tutur Rail dalam web-talk Indonesia Pulih, Konten Kreatif Tumbuh CET (Content Every THINK) oleh PFN Creative Academy.

    "Nanti di tengah-tengah obrolan ada saja topik baru yang menarik, didiskusikan," tambahnya.

    Kedua, luangkan waktu untuk riset. Rail mengatakan bahwa setelah pihaknya belajar dari beberapa episode, perlu beberapa riset kecil untuk diterapkan di episode selanjutnya.

    "Misalnya, ketika membahas quarter life crisis. Supaya apa yang disampaikan tidak missleading, tidak miss information. Supaya tidak hoax," ucapnya.

    Selanjutnya, buatlah materi dan tentukan jadwal. Hal ini dinilai penting. Sebab, kata Rail, untuk menjaga konsistensi kita harus menentukan jadwal terlebih dahulu. Misalnya, tayang dalam dua kali dalam satu bulan.

    "Ada nabung konten, misalnya dalam sehari buat untuk beberapa episode ke depan. Takutnya kita lalay, misalnya upload Rabu akhirnya tidak bisa produksi dan flow tayang tiap Rabu enggak jalan," jelasnya.

    Kemudian, niatkan juga untuk berkarya tanpa pamrih. Mungkin di awal ada niat membuat konten podcast demi mendapatkan uang.

    Bagi Rail, kita perlu menekankan pada diri bahwa uang akan datang dengan sendirinya, asalkan usaha kita telah maksimal. Misalnya, berkolaborasi dengan konten kreator lainnya, jalani dengan enjoy, dan mengalir. Bulatkan niat berkreasi tanpa pamrih.

    Terakhir, jangan lupakan tujuan awal dalam memulai sesuatu. Misalnya, jika tujuan awal untuk having fun, maka setiap membuat konten harus dijalankan dengan bersenang-senang.

    "Jarang kami mikir penonton enggak suka atau bagaimana. Karena kalau kita sudah hilang tujuan awal, untuk melanjutkan konten akan lebih berat. Penting untuk niatkan tujuan kita dari awal," pungkasnya.


     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id