Lagu-lagu Kemanusiaan Mengenang Bencana Tsunami Aceh 2004

    Cecylia Rura - 21 Februari 2020 10:57 WIB
    Lagu-lagu Kemanusiaan Mengenang Bencana Tsunami Aceh 2004
    Masjid Rahmatullah Lampuuk, Lhoknga, Banda Aceh, 20 Januari 2005. (Foto: Greg Baker/AP Photo)
    Jakarta: Perstiwa gempa bumi disertai tsunami Samudra Hindia 16 tahun silam memporak-porandakan Aceh, ujung Barat Indonesia. Pada 26 Desember 2004, Indonesia berduka saat Aceh diterpa tsunami hebat.

    Bencana itu spontan memilukan hati Indonesia. Para seniman turut berduka dengan melantunkan sejumlah lagu untuk Indonesia. 

    Melly Goeslaw - Sembuhkan Luka

    View this post on Instagram

    Lagu " Sembuhkan Luka " ini dibuat dan dinyanyikan di @officialrcti bersama @krisdayantilemos @ti2dj dkk, acara ini di buat 2 hari setelah bencana Stunami Aceh Desember 2004. Tidak pernah menyangka dalam hidup saya ada lagi kejadian stunami yg kali ini terjadi di Sulawesi . Disana saat ini sedang gelap gulita, mereka ketakutan dan komunikasi terputus, Alhamdulillah kita yg berada di luar Sulawesi bisa tidur nyenyak tanpa rasa takut. Sedikit kita luangkan waktu kita yuk utk mendoakan mereka , semoga diberi ketabahan, kuat, ikhlas, dan tak ada lg gempa susulan, barangkali sangat manis juga kalau malam ini kita menahan diri sejenak utk memposting hal hal yg terlihat mewah atau bersenang senang. Semalam iniii aja , utk menghargai dan menunjukan rasa empati kita . Terimakasih utk semua aliansi yg bergerak cepat. Dan juga team HARA @hara_official yang langsung memikirkan langkah terbaik kedepan yg harus dilakukan utk saudara2 kita disana . Penuh cinta utk kalian @rinaldyyunardi @djafarsse @riomotret @ti2dj @krisdayantilemos @princessyahrini @andienaisyah @itsrossa910 @hara_official

    A post shared by Melly Goeslaw (@melly_goeslaw) on



    Melly Goeslaw terketuk hatinya menciptakan lagu sebagai ungkapan duka atas bencana Tsunami Aceh yang terjadi pada 2004. Lagu ini pun dibawakan bersama Krisdayanti dan Titi DJ saat tampil di stasiun televisi swasta.

    Secuplik lagu ini kembali diunggah Melly Goeslaw sebagai bentuk ungkapan duka untuk korban Tsunami di Palu, Sulawesi Tengah pada September 2018. 

    "Lagu Sembuhkan Luka ini dibuat dan dinyanyikan di @officialrcti bersama @krisdayantilemos @ti2dj dkk. Acara ini dibuat dua hari setelah bencana Tsunami Aceh Desember 2004," tulis Melly Goeslaw, 28 September 2018.

    "Tidak pernah menyangka dalam hidup saya ada lagi kejadian Tsunami yang kali ini terjadi di Sulawesi. Di sana saat ini sedang gelap gulita, mereka ketakutan dan komunikasi terputus."

    "Alhamdulillah kita yang berada di luar Sulawesi bisa tidur nyenyak tanpa rasa takut. Sedikit kita luangkan waktu kita yuk untuk mendoakan mereka. Semoga diberi ketabahan, kuat, ikhlas, dan tak ada lagi gempa susulan," ungkap Melly.

    Sherina - Indonesia Menangis



    Selain lagu dari Melly Goeslaw, Sherina membawakan Indonesia Menangis tentang kepedihan selepas Tsunami Aceh 2004. 

    "Tuhan marahkah Kau padaku. Inikah akhir duniaku. Kau hempaskan jarimu di ujung banda. Tercenganglah seluruh dunia," bunyi lirik bait pertama.


    Iwan Fals - Saat Minggu Masih Pagi



    Iwan Fals tak luput mempersembahkan lagu-lagu bertemakan fenomena sosial. Termasuk, ketika bencana Tsunami Aceh 2004. Lagu ini dibawakan dengan petikan gitar dan tiupan lirih harmonika.

    "Ribuan jiwa melayang pergi. Jutaan hati merintih pasti. Saat minggu pagi. Gempa dan tsunami menghantam negeri," bunyi lirik bait pertama.

    Iwan Fals - Harapan Tak Boleh Mati



    Tak hanya sebuah lagu, Iwan Fals menuliskan lagu Harapan Tak Boleh Mati sebagai penyemangat hidup para korban. 

    "Oh negeriku sayang bangkit kembali. Jangan berkecil hati bangkit kembali. Oh yang ditinggalkan tabahlah sayang. Ini rahmat dari Tuhan kita juga pasti pulang."

    Rafly - Aneuk Yatim 



    Rafly membawakan lagu bernuansa Aceh sebagai ungkapan duka bencana dahsyat yang terjadi di Aceh pada 2004. 

    Belasan tahun dilewati Aceh dengan perkembangan baik. Meski butuh waktu lama keluar dari trauma masa lalu, terlepas dari itu infrastruktur Aceh kian membaik. Peristiwa yang disorot dunia ini pun diabadikan dalam Museum Tsunami dan menarik perhatian turis lokal serta mancanegara. 

     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id