comscore

Cokelat Rilis Lagu bersama Vokalis Baru Aiu Ratna

Agustinus Shindu Alpito - 12 Agustus 2020 11:13 WIB
Cokelat Rilis Lagu bersama Vokalis Baru Aiu Ratna
Formasi terbaru Cokelat (Foto: dok. Cokelat)
Jakarta: Cokelat dikenal lewat singel bertema nasionalis dan penuh semangat, Bendera. Kini, dengan formasi baru, Cokelat kembali menebar semangat lewat lagu bertajuk Anak Garuda.

Cokelat yang kini beranggotakan Edwin Marshal Sjarif (gitar), Ronny Febry Nugroho (bass), Ernest Fardiyan Syarif (gitar), Axel Andaviar (drum), dan vokalis baru mereka Aiu Ratna, merilis singel Anak Garuda secara independen. Mereka kini tak lagi terikat dengan label mayor manapun.
Anak Garuda diciptakan oleh Julianto Eka Putra, pendiri Yayasan Selamat Pagi Indonesia, yang berlokasi di kota Batu,Jawa Timur. Lagu ini sebenarnya pernah direkam Cokelat pada 2019 untuk kebutuhan film berjudul sama. Kemudian, Cokelat merilis kembali lagu ini sebagai bentuk refleksi perjuangan pantang menyerah masyarakat Indonesia di tengah situasi pandemi covid-19.

"Terlihat bahwa orang Indonesia itu pantang menyerah, dalam keadaan apapun bisa tetap kuat, bisa survive. Di era pandemi ini terlihat sekali orang-orang Indonesia punya kekuatan untuk menjadi pemenang. Orang Indonesia selalu punya cara untuk mengatasi masalahnya. Akhirnya kami berinisiatif merilis anthem Anak Garuda ini. Anak Garuda adalah simbol spirit seluruh manusia Indonesia," ujar bassist Rony Febry Nugroho, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Rabu, 12 Agustus 2020.

Aiu mengaku memiliki tantangan tersendiri membawakan lagu ini. Perempuan yang sebelumnya dikenal sebagai vokalis band Garasi itu harus menerjemahkan semangat dalam pesan lagu lewat cara menyanyi.

“Yang aku rasakan saat rekaman lagu Anak Garuda, selama ini aku belum pernah menyanyikan lagu yang butuh semangat menggebu-gebu. Biasanya kan kebanyakan yang sedih atau yang ‘marah’. Waktu menyanyikannya aku juga harus menyemangati diri sendiri, mengeluarkan suara yang lantang, dan sebenarnya itu bukan hal mudah buat aku. Sebenarnya, aku tuh tadinya kesulitan menyanyikan lagu yang bersemangat karena aku merasa (karakter) suaraku nggak lantang, mungkin karena selama ini belum pernah menyanyikan lagu-lagu seperti itu. Jadi waktu menyanyikannya aku berusaha lantang. Untungnya, aransemen yang dibuat COKELAT sangat memudahkan aku untuk menyanyikannya," ungkap Aiu.

Anak Garuda dimaknai Cokelat sebagai lagu "perkenalan" mereka dengan vokalis baru. Saat ini, band yang besar pada akhir 1990-an dan awal 2000-an itu sedang meramu sejumlah materi untuk album baru.
 

(ASA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id