Cokelat Gandeng Aiu Eks "Garasi" sebagai Vokalis

    Dhaifurrakhman Abas - 07 Januari 2020 15:51 WIB
    Cokelat Gandeng Aiu Eks
    Cokelat (dok. Cokelat)
    Jakarta: Grup band Cokelat resmi mengusung formasi baru terhitung awal Januari 2020. Hal itu disebabkan sang vokalis Jackline Rossy mengundurkan diri.

    Menurut gitaris Cokelat, Edwin Marshal Sjarifackline, Jackline undur diri setelah memutuskan menikah pada November 2019 lalu. Ini diperkuat dengan kondisi Jackline yang kini tengah berkonsentrasi pada program kehamilan.

    "Kondisi fisik serta sisi psikologis membuat Jackline harus menyisihkan kesibukannya di Cokelat dan memilih fokus pada kehidupan pribadinya," kata Edwin melalui pesan elektronik yang diterima Medcom.id, Selasa 7 Januari 2020.

    Menurut Edwin, perpisahan tersebut diterima lapang dada oleh seluruh anggota Cokelat. Pihaknya kini menggandeng Aiu Ratna (eks vokalis Garasi) menggantikan posisi Jackline.

    "Cokelat dan J (Jackline) berpisah dengan manis. Ia harus menjalani kehidupan berkeluarganya, dan Cokelat harus terus berjalan di dunia musik,” tutur dia.

    Lebih lanjut, Edwin mengenang kebersamaa Jackline yang tergabung dengan Cokelat 14 Desember 2011 silam. Bersama Cokelat, Jackline melahirkan album #Like! (2016) yang dirilis secara independen, plus enam singel berjudul Dikhianati, Cinta Matiku, Garuda, Peralihan Hati dan Anak Garuda yang merupakan lagu tema untuk film berjudul sama produksi Butterfly Pictures.

    "Saat bersama Cokelat, Jackline adalah sosok yang tangguh dan pekerja keras," ujar Edwin.

    Hal yang sama juga diakui pembetot bass sekaligus pendiri Cokelat, Ronny Febry Nugroho. Menurutnya, Jackline dianggap mampu menghasilkan karya-karya yang indah bersama Cokelat.

    "Dia menemani kami tur ke penjuru Nusantara, memberikan karya-karya yang indah dan melengkapi kami - bahkan saat teman-teman kami yang ada sebelum J bergabung malah memisahkan diri dari kami,” urai Ronny mengenang.

    Ronny juga mengatakan, Jackline bergabung dengan Cokelat di saat banyak band tengah tercerai berai. Hal itu karena terjadinya perubahan dan pergeseran trend dalam dunia permusikan Indonesia.

    “Tahun 2011/2012, saat itu banyak terjadi perubahan di industri musik Tanah Air. Seperti RBT (ring back tone) dibenahi, era jualan fisik juga mengalami pergeseran retail. Industri dan pelakunya terkena dampaknya. Band kehilangan personel, musisi ganti profesi. Tapi di era itu juga, Cokelat menemukan seorang sosok hebat. Jackline Rossy," tandasnya.

    Cokelat terbentuk di Bandung pada 25 Juni 1996 silam. Sejauh ini, Cokelat telah melahirkan enam album studio, yaitu Untuk Bintang (2000), Rasa Baru (2001), Segitiga (2003), Dari Hati (2004), Panca Indera (2008) dan #LIKE! (2016).

    Saat ini, untuk kebutuhan panggung, Cokelat diperkuat formasi Ronny, Edwin, dan Axel Andaviar. Teranyar Aiu Ratna, vokalis yang sebelumnya tergabung di band Garasi, kini dipercaya menjadi vokalis Cokelat. 

    Aiu sebelumnya pernah juga mengisi vokal grup emo Killing Me Inside.
     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id