5 Pencipta Lagu Indonesia Hidup Kesusahan karena Tak Dapat Royalti

    Elang Riki Yanuar - 07 April 2021 17:26 WIB
    5 Pencipta Lagu Indonesia Hidup Kesusahan karena Tak Dapat Royalti
    Yon Koeswoyo (Foto: MI/Adam Dwi)



    Jakarta: Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. Lewat PP ini, hak ekonomi para pencipta lagu dan musisi Indonesia diharapkan bisa terpenuhi.

    Sudah bukan rahasia lagi banyak musisi dan pencipta lagu tidak mendapat royalti meski karya mereka banyak diputar di sejumlah tempat. Akibatnya banyak pencipta lagu mengalami kesulitan ekonomi.






    Berikut sejumlah musisi dan pencipta lagu yang sempat hidupnya sempat kesusahan karena tidak mendapat royalti dari karya-karyanya:

    1. Yon Koeswoyo

    5 Pencipta Lagu Indonesia Hidup Kesusahan karena Tak Dapat Royalti
    Bergabung dengan grup musik besar seperti Koes Plus tidak membuat Yon Koeswoyo hidup bergelimangan harta di masa tua. Hingga akhir hayatnya, Yon bahkan masih harus tampil dari panggung ke panggung karena itulah satu-satunya penghasilan dia sebagai musisi.

    "Saya pernah ngobrol langsung, mas Yon bilang, 'saya seumur hidup enggak pernah dapat royalti'. Saya kaget dengarnya. Apalagi sudah ganti beberapa presiden. Pas itu masih ada beliau, dan saya tanya langsung," kata musisi Dewa Budjana saat melayat Yon Koeswoyo yang meninggal pada 2018.

    Sebelum meninggal Yon sempat dirawat di rumah sakit akibat penyakit komplikasi. Dia sempat kesulitan membayar biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit. Sejumlah penggemar Koes Plus kemudian turut memberikan sumbangan untuk biaya Yon berobat.

    Halaman Selanjutnya
      2. Naniel Yakin






    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id