Persiapan Konser Offline Sudah Matang tapi Belum Dapat Izin

    Sunnaholomi Halakrispen - 09 Maret 2021 15:27 WIB
    Persiapan Konser Offline Sudah Matang tapi Belum Dapat Izin
    Presdir Java Festival Production Dewi Gontha (Foto: medcom)



    Jakarta: Sejumlah musisi dan pelaku ekonomi kreatif telah menyuarakan harapan mereka agar konser offline dapat diselenggarakan. Persiapan yang dilakukan pun sudah matang, termasuk strategi penerapan protokol kesehatan. Namun, izin belum juga didapatkan.

    "Masing-masing event sudah punya protokol kok. Kami harus presentasi ke mana? Setelah presentasi, prosesnya kami harus apa? Karena tidak ada aturan pasti," ujar Presdir Java Festival Production Dewi Gontha dalam Blok M Music Conference 2021, Menunggu Hari Dikabulkannya Perizinan Konser Offline.

     



    "Ada CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment sustainability) betul dikeluarkan Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), tapi sangat generik (umum)," tambahnya.

    Bahkan, kata Dewi, untuk tracing contact terkait pencegahan penularan covid-19, telah dirancang strateginya. Ia menjelaskan, setiap penonton yang datang akan mendaftarkan diri dengan data yang lengkap.

    Hal itu termasuk ke ruangan mana saja mereka akan masuk. Tentu cara tersebut jauh berbeda dengan festival sebelumnya yang memberikan kebebasan. Dewi menekankan bahwa semua sistem untuk pengadaan konser secara offline sudah disiapkan.

    Akan tetapi, ia mengaku pihaknya yang telah merancang rencana tersebut, tidak pernah diberikan waktu dan tempat oleh para pemangku kepentingan. Dalam hal ini, pembahasan lebih detail mengenai protokol event yang komprehensif.

    "Dan saat kami presentasi, siapa yang bisa menyatakan protokol kami sudah benar dan bisa jalan? Karena akan keluar lagi dengan pernyataan, 'oke sudah bagus, didukung,' tapi tidak ada yang mau tandatangani suratnya," ungkapnya.

    "Dan saat ini saya bukan memojokkan pihak mana pun, karena saya yakin banyak instansi, bukan hanya satu yang harus menyetujui. Kita hanya ingin kerja samanya saja supaya ada persiapan," pungkasnya.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id