Video Musik Singel Pertama Aespa Dituding Menjiplak

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 November 2020 15:41 WIB
    Video Musik Singel Pertama Aespa Dituding Menjiplak
    Aespa (Foto: smentertainment)
    Jakarta: Aespa dan SM Entertainment telah membangun antisipasi tinggi dengan serangkaian unggahan foto dan video teaser yang menarik. Bahkan, menjadi trending di Twitter. Namun, kali ini mereka dituding plagiat.

    Kabar ini muncul setelah mereka membagikan Teaser MV untuk single pertama yang berjudul Black Mamba. Sejumlah penggemar K-pop mengklaim ada banyak kesamaan dengan hasil karya orang lain.

    Mereka membandingkan klip tersebut dengan video musik virtual POP / STARS girl group League of Legends dari K/DA dan menunjukkan kesamaannya. Mulai dari lokasinya yang berada di kereta bawah tanah.

    Mereka fokus pada skema warna neon dan coretan yang digunakan. Ditambah lagi, soal estetika keseluruhan Black Mamba yang tampak serupa dengan video musik virtual tersebut.

    Penggemar tidak bisa membantu mendukung sepenuhnya, tetapi mempertanyakan niat SM Entertainment terkait kesamaan konsep yang terlihat jelas itu.

    "Bukankah SM Entertainment adalah agensi yang besar? Kekurangan kreativitas mengejutkan," ucap seorang penggemar di Twitter.

    "Apa mereka bercanda, dari Avatar sampai MV, semuanya tumpang tindih. Bagaimana mereka bisa terus bersikeras bahwa mereka tidak menjiplak? Ada banyak kesamaan," ungkap penggemar yang lainnya.

    Ini bukan kali pertama Aespa menghadapi tuduhan plagiarisme. K/DA tak henti-hentinya disebut, sejak konsep AI Aespa pertama kali terungkap. Namun dengan dirilisnya teaser video klip tersebut, artis visual lain asal Jerman, Timo Helgert, mempertanyakan konten di Instagram @vacades miliknya. Karyanya dikatakan secara tematik hampir identik dengan yang ditampilkan Aespa.

    Timo Helgert mengklaim bahwa sepertinya SM Entertainment menyalin (menjiplak sama persis) karyanya. Ia mengklarifikasi bahwa pihak SM tidak meminta dia dan dia tidak mengerjakan konsep untuk Aespa.

    Sementara itu, penggemar K-Pop pun menuntut penjelasan dari SM Entertainment tentang kemiripan yang luar biasa mirip itu. Namub, SM belum menanggapi tuduhan plagiarisme yang dituding.

    Di sisi lain, hari ini Aespa akan rilis debut dan single pertama mereka. Lagu yang akan dipublikasikan ke dunia hiburan itu berjudul Black Mamba.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id