Robi Navicula Belajar Mencintai Lingkungan Berkat R.A.T.M dan Sepultura

    Elang Riki Yanuar - 08 April 2021 07:00 WIB
    Robi Navicula Belajar Mencintai Lingkungan Berkat R.A.T.M dan Sepultura
    Robi Navicula (Foto: instagram)



    Jakarta: Robi Navicula dikenal sebagai musisi yang juga aktivis pecinta lingkungan. Sikap peduli lingkungan Robi ternyata didapat berkat band-band rock dan metal seperti Rage Against The Machine (RATM) hingga Sepultura.  

    Bagi Robby, band-band tersebut banyak menginspirasi dirinya karena seringkali bicara tentang lingkungan di lagu-lagu mereka. Hal itu pula yang Robi terapkan bersama band Navicula yang kerap bicara tentang isu lingkungan di lagu.






    "Anak muda biasanya ikut apa saja yang keren. Saya juga belajar dari Rage Against The Machine, Sepultura, band Gojira dulu karena mereka mengangkat isu lingkungan," kata Robi Navicula.

    Belajar dari pengalamannya, Robi menilai pentingnya menanamkan kecintaan terhadap lingkungan di kalangan anak-anak muda dengan hal-hal yang dekat dengan mereka. Jika hendak menyajikan konten peduli haruslah dikemas secara menarik agar anak-anak muda tertarik.

    "Harus konsiten dalam melakukan pemeliharaan dan kepedulian lingkungan. Oleh sebab itu, bukan cuma tugas media tetapi semua pihak yang memiliki konten diharapkan terus mengangkat isu lingkungan agar message pelestarian lingkungan akan terus tersebar," ucap Robi.

    Karena itu, Robi mendukung gerakan Candi Darling From Home yang mengajak anak-anak muda melakukan penanaman pohon dari rumah. Kampanye ini merupakan program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini diselenggarakan secara daring. Terdapat tiga candi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipercantik dan dihijaukan melalui kegiatan ini, yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.

    "Ini satu acara adaptasi yang kreatif untuk terus berkontribusi untuk terus melestarikan dan merawat lingkungan. Sehingga berbagai anak muda di berbagai negara bisa dengan mudah melihat kekreatifan yang dilakukan anak muda Indonesia dalam kondisi pandemi. Ini salah satu cara agar isu lingkungan ini bisa regenerasi. Apalagi ini targetnya anak muda," ujar Robi.

    Penanaman nilai cinta lingkungan juga harus dimulai dari kecil di lingkungan sekolah dan keluarga. Robi sendiri selalu mengajarkan anak-anaknya memilah sampah dan mematikan listrik jika tidak dipakai.

    "Diperlukan pendidikan dasar anak di rumah tentang gaya hidup yang bijak terhadap lingkungan, penyampaian pelajar tentang keanekaragaman hayati atau bio-diversity di sekolah. Kepedulian tersebut harus mulai dari diri sendiri. Memilah sampah dan mematikan listrik yang tidak dipakai adalah pendidikan dasar yang harusnya sudah diketahui oleh para generasi milenial untuk terus melestarikan dan merawat lingkungan," jelas Robi.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id