Makna Nama Jalan Enam Tiga, Album Terbaru Efek Rumah Kaca

    Cecylia Rura - 29 Januari 2020 19:08 WIB
    Makna Nama Jalan Enam Tiga, Album Terbaru Efek Rumah Kaca
    Efek Rumah Kaca di Mini Amphitheater M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Bukan tanpa sebab Jalan Enam Tiga dipilih sebagai tajuk mini album perdana Efek Rumah Kaca. Cholil Mahmud menghabiskan lima tahun waktunya bermukim di kawasan jalan tersebut bersama istri, Irma Hidayana.

    Jalan Enam Tiga diambil dari sejarah pengukuhan nama sebuah Jalan Sesame Street di New York. Semula, nama ini dikenal sebagai judul program televisi untuk anak-anak dengan berbagai karakter. Sesame Street dipilih karena dinilai bermuatan edukasi baik lewat penokohannya.

    "Karena memang nonton tentunya dan dia berkembang. Tokoh-tokohnya ada lagi sebagai tontonan buat bapak-bapak ke anaknya. Sesame Street sangat dianjurkan karena teruji menang award banyak," cerita Cholil di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

    Sesame Street telah diresmikan sebagai sebuah nama jalan ikonik di New York, tepatnya persimpangan West 63rd Street dan Broadway. Penamaan jalan ini dilakukan sekitar bulan Mei 2019 sebagai bentuk perayaan acara Sesame Street telah mengudara selama 50 tahun.

    "Sebelum itu, kita ingin menyerap kearifan lokal selama residensi. Merasa sepertinya sama. Gua merasa Sesame Street, okelah sebagian kita merayakan masa kecil dan spiritnya baik. Waktu kita rekam, suasananya musim panas dan lebih riang karena mood-nya," cerita Cholil.

    ERK tidak menggunakan judul Sesame Street karena ada ketakutan tersandung masalah hak cipta di masa depan. Mereka memilih jalan aman dengan mengulik sejarah di balik nama tersebut.

    "Akhirnya kita mencoba buat lagu Sesame Street, tapi takut terkendala copyright belum izin merekam. Jadi Jalan Enam Tiga, tipis-tipis saja Sesame Street. Karena memang baru juga," kata Cholil.

    Mini album Jalan Enam Tiga berisikan empat nomor lagu: Normal yang Baru, Jalan Enam Tiga, Palung Mariana, dan satu lagu yang telah diperkenalkan lebih dulu Tiba-Tiba Batu. Album ini sudah dapat didengarkan melalui platform music digital dan secara resmi dirilis dalam bentuk CD dan kaset pada Selasa, 28 Januari 2020 di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id