Maliq & D’Essentials: Kemudahan Teknologi Membuat Musisi Muda Sesat

    Agustinus Shindu Alpito - 24 Maret 2016 09:22 WIB
    Maliq & D’Essentials: Kemudahan Teknologi Membuat Musisi Muda Sesat
    (Foto: Metrotvnews.com)
    medcom.id, Jakarta: Fitur teknologi yang ada pada saat ini membuat segalanya terasa lebih mudah. Sayangnya, hal itu membuat manusia lupa akan esensi-esensi mendasar yang sebenarnya harus dipahami seiring penggunaan teknologi. 

    Hal itu dikemukakan drummer Maliq & D’Essentials, Widi Puradiredja, dalam konteks industri musik.

    Dalam sebuah diskusi yang digelar Starbucks Indonesia di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (23/3/2016), Maliq & D’Essentials berbagi pengalaman dalam menjalankan proyek sharing session bernama Help!

    Help! membuka kesempatan bagi mereka yang ingin berkembang dan berkarier di industri musik untuk berbagi pengalaman dan bertanya kepada para pelaku industri, termasuk Maliq & D’Essentials. Dalam perjalanannya, Widi menilai banyak musisi muda yang terjebak pada teknologi  instan.

    "Masalah musisi muda justru fasilitas yang sudah terbuka, gampang dan enggak ada filter. Dari kamar bisa jadi artis. Itu kemudahan yang membuat sesat. Orang merasa gampang," ujar Widi.

    Widi yang juga menjadi music director dalam Maliq & D’Essentials menjelaskan bahwa apa yang dicapai kini bersama grupnya bukan hal mudah. Tahapan-tahapan yang menguji konsistensi pernah mereka lalui.

    "Sampai detik ini orang-orang tidak tahu kalau Maliq main reguler-an selama empat tahun, demo baru diterima setelah enam tahun, lagu Untitled dan Terdiam ditolak label. Kesannya, saat ini ketika orang sudah memiliki karya di YouTube, SoundCloud, dan iTunes, sudah valid jadi musisi, padahal tidak," kata Widi, menambahkan. 

    Kepada mereka yang ingin berkembang secara profesional di dunia musik, Widi menyarankan untuk tetap konsisten menapaki tahap demi tahap dan melewati proses itu dengan dedikasi tinggi.

    "Banyak tahap yang seharusnya dilakukan, tapi tidak dilakukan, misal ngeband yang lama, manggung dan melihat pembuktian dari masyarakat jika mereka memang benar-benar bagus, setelah valid mereka bagus baru rekaman," pungkas adik sang vokalis, Angga Puradiredja itu.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id