Kualifikasi Menjadi Diva Indonesia Menurut Krisdayanti

    Cecylia Rura - 13 Februari 2019 07:00 WIB
    Kualifikasi Menjadi Diva Indonesia Menurut Krisdayanti
    Krisdayanti (Foto: Medcom/Abas)
    Jakarta: Indonesia mengenal grup 3 Diva yang beranggotakan tiga solois perempuan yaitu Krisdayanti, Titi DJ dan Ruth Sahanaya. Krisdayanti atau kini akrab dengan sebutan KD memaparkan asal muasal munculnya gelar diva.

    "Sebetulnya tahun 2000-an itu kita memang diuntungkan tren solois itu 10 tahun, 1 dekade. Jadi mereka (penyanyi) itu, begitu punya tenggat waktu yang panjang bisa eksis. Jadi ketika Titi DJ, Ruth Sahanaya, KD, Rossa, itu memang bukan bersaing. Mereka semuanya, sekuat masing-masing, karena range waktunya 10 tahun, sampai 2010. Makanya konser di JCC saya bisa sampai dua kali, tiga kali," kata pelantun Mencintaimu itu belum lama ini.

    Gelar diva, menurut KD datang dari penilaian masyarakat. Eksistensi penyanyi dalam kurun waktu satu dasawarsa menjadi tolok ukur dia dikenang sebagai diva. "Jadi tenggat waktu 10 tahun, artinya orang atau masyarakat terngiang dengan label diva itu (terhadap kita)," jelasnya.

    Selain kualitas suara, mantan istri Anang Hermansyah itu menjelaskan ada sekolah khusus tata krama bagi para diva. Arti diva dikenal sebagai penyanyi perempuan soprano dengan bakat luar biasa di genre musik opera. Untuk itu keluwesan tata krama menurutnya penting dimiliki oleh seorang diva.

    "Kalau itu tentu harus sekolah tata krama dan diva itu semuanya ada. Bagaimana dia disiplin. Bagaimana dia punya attitude. Bagaimana dia punya kualitas performance dan dia punya showmanship-nya gimana. Itu harus komplit ada di dalam diri diva. Nah, makanya kalau kualitas suara enggak ada bandingannya, tapi kalau attitude tadi harus ada sekolahnya," jelas KD.

    Sejak sepuluh tahun lalu Krisdayanti dikenal sebagai penembang hits populer tentang cinta. Aksi panggungnya disebut diakui sebagai diva setelah sukses menggelar konser tunggal perdana pada 2001 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Pendapat KD, gelar diva saat itu diperoleh dari pendapat masyarakat sebagai penyanyi yang menggelar konser orkestra.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id