10 Lagu Indonesia Bertema Cinta untuk Melamar Pasangan

    Purba Wirastama - 14 Februari 2019 09:00 WIB
    10 Lagu Indonesia Bertema Cinta untuk Melamar Pasangan
    Cuplikan video Teman Hidup dari Tulus (Foto: Youtube musiktulus)
    Jakarta: Perayaan Valentine 14 Februari menjadi satu momen yang tepat untuk menyatakan cinta kepada gebetan, atau yang lebih serius, melamar pasangan untuk bertunangan dan menikah.

    Bagi yang hendak melamar, segala rencana mungkin telah disiapkan, tetapi rasa-rasanya masih ada yang kurang. Apakah belum ada musik di sana?

    Jika iya, lagu cinta patut menjadi pertimbangan. Selain bisa membantu membangun suasana manis nan romantis, lagu cinta juga bisa membantu mewakili perasaan dan maksud orang-orang yang kesulitan mencari kata-kata.

    Selain lagu Akad dari Payung Teduh, kami punya rekomendasi 10 lagu cinta lain tentang melamar pasangan. Berikut daftarnya.


    1. Pilihanku - Maliq & D'essential


    Lirik tulisan Widi Maliq ini tidak basa-basi. Lewat bait pertama setelah intro dua detik, si orang pertama langsung mengungkap kenapa dirinya yakin dengan kekasihnya. Lalu kalimat pamungkas dikeluarkan.

    "Maukah kau tuk menjadi pilihanku, menjadi yang terakhir dalam hidupku. Maukah kau tuk menjadi yang pertama, yang selalu ada di saat pagi ku membuka mata."



    2. Pinangan - Abenk Alter


    Lagu ciptaan penyanyi solo muda ini mendeskripsikan detik demi detik momen yang dialami pelamar kala menyatakan komitmen dan menunggu jawaban, sampai-sampai "sedetikpun terasa lama".

    Dia bertanya apakah pasangannya mau menjadi pendamping hidup dan melalui kehidupan berdua dalam sisa hidup ke depan. Lagu ini berakhir dengan sebuah rayuan gombal, "Bila engkau terima, aku akan mencoba bawamu ke angkasa, menuju ujung dunia".


    3. Hingga Ujung Waktu - Sheila on 7


    Lirik tulisan Eros Chandra ini memang tidak langsung eksplisit soal melamar, tetapi sajak demi sajak mengungkap kebahagian lelaki yang "beruntung" kala bertemu dengan sang perempuan.

    Lelaki ini meminta perempuan untuk tidak berhenti memilikinya hingga akhir hayat. Sang lelaki mengandaikan jika perempuan sudah menjadi istrinya, dia berserah dan meminta sang istri untuk tetap memiliki dirinya dalam masa terpuruk.


    4. Melamarmu - Badai Romantic Project


    Judulnya jelas menunjukkan maksud hati untuk meminang. Dalam lirik ciptaan Doadibadai Hollo ini, sang lelaki mengakui dirinya tidak cukup tampan, tetapi berani membuat komitmen untuk berkeluarga.

    "Jadilah pasangan hidupku, jadilah ibu dari anak-anakku, membuka mata dan tertidur di sampingku."


    5. Janji Suci - Yovie & The Nuno


    Di antara sekian lagu romantis karya Yovie Widianto, Janji Suci adalah satu dengan ungkapan eksplisit seorang pria yang ingin meminang sang wanita, yang dia sebut sebagai "dewi". Lelaki ini memberi rayuan "ancaman" ketika mengatakan, "Jangan kau tolak dan buatku hancur, ku tak akan mengulang tuk meminta."

    Sang lelaki sangat percaya diri karena yakin bahwa dia adalah yang terbaik bagi sang perempuan. "Aku ingin mempersuntingmu, tuk yang pertama dan terakhir."


    6. Kisah Romantis - Glenn Fredly


    Glenn juga menulis beberapa lagu cinta, tetapi lagu ini secara spesifik mengungkapkan sebuah lamaran kepada kekasih. "Aku mohon kau menikah denganku, hiduplah denganku, berbagi kisah hidup berdua."

    Lirik Kisah Romantis juga menyebutkan cincin lamaran yang diumpamakan seperti hati pria tersebut. "Cincin ini sayang, terukirkan namamu, begitu juga di hatiku." Ada pula rayuan seperti "hujan warna-warni" yang tidak mungkin ada, tetapi mungkin baginya yang sedang jatuh cinta.


    7. Sampai Usai Waktu - Sandhy Sondoro & Monita Tahalea


    Lirik dan musik ciptaan Sandhy Sondoro ini ibarat sepotong dialog ketika melamar kekasih. Bait bagian pria mengutarakan maksudnya, lalu langsung disambut dengan bait bagian wanita, yang dinyanyikan oleh Monita Tahalea.

    Apakah sang wanita bersedia? Yang jelas dalam lagu ini, Sandhy dan Monita menyanyikan bersama penggalan lirik permintaan hingga lagu berakhir. Rupanya, sepasang ini kekasih saling meminta.

    "Maukah duhai cintaku, untuk kau menjadi teman hidupku. Maukah duhai cintaku, untuk kau menjadi pendamping hidupku sampai usai waktu."


    8. Karena Kamu Cuma Satu - Naif


    Lagu ciptaan David dan kawan-kawan ini mengungkap kebahagiaan sang pria ketika bersama sang wanita. Dengan penuh percaya diri, dia berkata bahwa sang wanita adalah satu-satunya, begitu pula bahwa dirinya adalah pria paling juara.

    Liriknya tidak eksplisit mengajak untuk menikah, tetapi mengungkap janji dan komitmen untuk selalu menemani dalam segala suka duka. "Akankah kau selalu ada, menemani dalam suka duka."


    9. Tak Sebebas Merpati - Kahitna


    Sebelum Glenn Fredly lewat Kisah Romantis, Yovie Widianto telah menulis soal cincin pertunangan dalam lagu Tak Sebebas Merpati untuk Kahitna. Lirik ini terasa cukup sinematik karena dengan mudah, kita bisa membuat bayangan visual puitis atas adegan lamarannya.

    Sang wanita berandai-andai mereka bisa terbang bebas seperti merpati dan bahagia. Sang pria, yang meminang dan diterima oleh wanita, menyebut pertunangan sebagai kebahagiaan, kendati "tidak sebebas merpati".


    10. Teman Hidup - Tulus


    Dalam lirik ciptaan Tulus ini, seseorang menyebut kekasihnya sebagai teman hidup. Dia merasa bahwa mereka telah menjalin hubungan yang indah dan menenangkan. Dia menyatakan komitmennya lewat harapan bahwa mereka berdua akan tetap menjadi teman hidup selamanya.

    "Bila di depan nanti, banyak cobaan untuk kisah cinta kita, jangan cepat menyerah. Kau punya aku, aku punya kamu, selamanya akan begitu."


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id