Daftar Semifinalis The Papandayan Jazz Competition: Ada Band Amerika dan Inggris

    Medcom - 26 Oktober 2021 13:10 WIB
    Daftar Semifinalis The Papandayan Jazz Competition: Ada Band Amerika dan Inggris
    Semifinalis The Papandayan Jazz Competition (Foto: TPJF)



    Jakarta: TPJF International Online Jazz Competition kini memasuki babak semifinal! Pendaftaran kompetisi yang dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 10 Oktober 2021 tercatat ada 32 pendaftar dan yang lolos kualifikasi untuk penjurian tahap penyisihan adalah sebanyak 28 peserta.

    Penjurian babak penyisihan telah dilakukan mulai tanggal 12 Oktober hingga 15 Oktober 2021, dan setelah melalui proses penyeleksian yang cukup ketat oleh dewan juri yang terdiri dari Saksofonis asal Belanda Ben Van Gelder, Dwiki Dharmawan, Eq Puradireja, Venche Manuhutu dan seniman senior Bandung, Hari Pochang,  panitia TPJF telah menerima hasil penilaian dari seluruh dewan juri dengan hasil 16 peserta lolos untuk masuk ke tahap semifinal dan 12 peserta tereliminasi.

     



    Berikut nama peserta yang lolos untuk masuk ke tahap semifinal dengan urutan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi: Empty, GBK, Rit Xu Group, Jazziner, Rocket House, The Apostles, Magnitudo, Kelapa Muda, Gamong Collective (feat. Daniel Dyonisius & Tukang Tabuh), , Little Hope, D’Coocoo’s, East Side Sextet, N.A.D Project, To the Band, Stan Fill, dan The Intersaxtion.

    Dari 16 Semifinalis yang masuk ke babak selanjutnya, 3 peserta band merupakan warga negara Singapura, Amerika Serikat dan Inggris. Dan sesuai dengan harapan para dewan juri, para peserta memberikan “wow factor”, serta pengemasan pertunjukan mereka dilakukan secara apik dengan aransemen yang sangat kreatif, unik dengan sentuhan Jazztronics, rock, dan etnik,  diluar penilaian utama yakni Improvisasi, harmonisasi, dan interpretasi membuat para dewan juri cukup sulit menentukan semifinalis.

    Eq Puradiredja memberikan komentarnya untuk band asal Bandung, Stan Fill, "Duo unik keys & Drums, Jazztronics, Fresh & Edgy, bold Statement," ucapnya

    Selain Stan Fill, Rit Xu Group, peserta asal Singapura mencuri perhatian para juri, Venche Manuhutu mengatakan, "Band ini smooth banget, very skillful, sophisticated, tasteful dan berwawasan."

    Hary Pochang menambahkan kalau band ini menjadi pesaing ketat bagi peserta band lainnya karena permainan serulingnya yang excellent.

    Berbeda dengan EQ, Venche dan Pochang, Ben Van Gelder memberikan komentarnya untuk band asal Bandar Lampung, Kelapa Muda. Menurutnya, band remaja ini  mempunyai "nice rockish approach to the song".

    Daftar Semifinalis The Papandayan Jazz Competition: Ada Band Amerika dan Inggris
    Band Kelapa Muda (Foto: dok. TPJF)

    Sudah menjadi ciri khas Dwiki Dharmawan mengangkat kebudayaan Indonesia dalam musiknya Dwiki pun kerap berkolaborasi dengan musisi lokal sekaligus memperkenalkan musisi-musisi daerah.

    Pada kompetisi ini Gamong Collective (feat. Daniel Dyonisius & Tukang Tabuh) menjadi band yang pertama dikomentarinya. Menurutnya, eksplorasi Jazz dan gambang kromong yang unik, Dwiki sangat mengapresiasi perpaduannya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id