Rhoma Irama hingga Jason Ranti Bergabung di Album Vinyl Playlist #20detikcucicorona

    Elang Riki Yanuar - 02 Desember 2020 21:21 WIB
    Rhoma Irama hingga Jason Ranti Bergabung di Album Vinyl Playlist #20detikcucicorona
    Gerakan #20detikcucicorona
    Jakarta: Sebanyak 70 lagu tergabung dalam Playlist #20detikcucicorona. Gerakan ini merupakan kampanye membuat lagu berdurasi 20 detik untuk menemani cuci tangan.

    Gerakan #20detikcucicorona yang dimulai sejak April 2020 disambut banyak orang. Sebagai bentuk apresiasi, penggagas gerakan ini merangkum 70 lagu yang terkumpul itu ke dalam bentuk piringan hitam atau vinyl.

    "Kami ingin mengapresiasi musisinya. Karena musisi ini waktu susah pun dia masih mau mendonasikan lagunya. Setelah kampanye ini sukses, kami kepikiran mau ngasih apa ya masa hilang gitu aja, ya udah kita bikin vinyl untuk apresiasi," kata salah satu penggagas #20detikcucicorona, Dhani Hargo dalam jumpa pers virtual, Rabu (2/12/2020).

    Gerakan ini pun mendapat apresiasi dari Satgas Covid-19. Apalagi, musisi yang menyumbangkan karyanya itu secara pro bono alias sukarela. Album vinyl Playlist #20detikcucicorona kemudian turut diarsipkan ke Irama Nusantara.  

    "Kami mengarsipkan ke vinyl di Irama Nusantara dan kita kasih ke musisinya. Siapa tahu 100 tahun lagi ada yang menggali sejarah dari lagu ini. Karena vinyl awet tahan minimal 100 tahun kalau enggak dirawat," kata Dhani.

    Sejumlah musisi terkenal ikut menyumbangkan karyanya seperti Jason Ranti, Nova Ruth, Rhoma Irama, Andy /rif, The Changcuters, Cliff Club 80s hingga Robi Navicula. Musisi lintas generasi dan lintas genre di sejumlah daerah di Indonesia juga ikut terlibat dalam proyek ini.

    "Ini relevan banget sama situasi saat ini. Apa yang bisa kita bantu karena efeknya ke banyak industri. Industri musik dan pariwisata di Bali paling kena dampaknya. Semua tiarap. Sebagai musisi apa yang bisa kita bantu. Bagaimana caranya bisa bermanfaat buat masyarakat. Paling gampang dengan ikut gerakan ini," kata Robi Navicula.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id