Profesi Musisi Dianggap Tak Jelas, Budi Doremi Ditolak saat Ajukan Kredit HP

    Elang Riki Yanuar - 19 April 2021 19:56 WIB
    Profesi Musisi Dianggap Tak Jelas, Budi Doremi Ditolak saat Ajukan Kredit HP
    Budi Doremi (Foto: instagram)



    Jakarta: Penyanyi Budi Doremi punya cerita lucu sekaligus ironis terkait profesinya sebagai musisi. Budi iseng mencoba mengajukan kredit handphone, tapi ditolak karena profesinya dianggap tidak jelas.

    "Musisi itu harus memiliki kejelasan dalam profesi. Gue terakhir kredit handphone saja ditolak gara-gara profesinya enggak ada. Gue pernah ngetes ditolak. Ngetes doang, bisa sih beli cash," kata Budi Doremi di Jakarta.






    Karena itu, Budi sangat mendukung ketika pemerintah mengeluarkan PP No. 56 Tahun 2021 tentang royalti lagu. Lewat keputusan ini musisi diharapkan bisa punya penghasilan yang stabil sehingga profesinya tidak lagi dipandang sebelah mata.

    "Alhamdulilah sudah diapresiasi sama pemerintah untuk lebih serius lagi ngejagain karya tema-teman. Kami ini tetap menyumbangkan banyak uang dalam membayar pajak tapi hal tersebut enggak sebagai profesi yang kalau ditanya sama calon mertua kamu kerjanya apa 'musisi', 'wah enggak ada masa depan', itu adalah sebuah kegagalan," jelas Budi.

    Terlebih lagi saat ini pandemi masih melanda Indonesia. Pemasukan Budi sebagai musisi hanya mengandalkan royalti layanan streaming musik dan panggung virtual. Saat ditanya apakah pendapatan itu cukup untuk menghidupinya, pelantun "Tolong" hanya bisa mengucap syukur.

    "Gajian dari digital, digital platform musik. Samalah rakyat Indonesia pada umumnya dikasih Rp100 ribu Alhamdulilah, dikasih Rp50 ribu cukup, dikasih Rp10 ribu dicukup-cukupin," ucap dia.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id