Citra Kikan Masih Lekat dengan Band Cokelat, Ini Tanggapan Vokalis Baru

    Agustinus Shindu Alpito - 31 Maret 2016 09:38 WIB
    Citra Kikan Masih Lekat dengan Band Cokelat, Ini Tanggapan Vokalis Baru
    (Foto: dok.MI / Panca Syurkani
    medcom.id, Jakarta: Bongkar-pasang personel bagi sebuah grup musik bukan hal baru lagi. Termasuk mengganti sosok ikonik dalam sebuah band. 

    Cokelat adalah salah satu band yang mampu bertahan selama dua dekade dan mengalami beberapa kali pergantian personel. Namun, mereka tetap membuktikan mampu bertahan meski kini tinggal menyisakkan dua personel lama.

    Seperti diketahui, Cokelat ditinggal oleh sang vokalis, Kikan. Harus diakui, bahwa nama Kikan memang erat kaitannya dengan Cokelat. Namun, apa mau dikata, kepergian Kikan bukan berarti Cokelat "mati."

    Kini, Cokelat memiliki formasi Jackline (vokalis), Edwin (gitaris), dan Ronny (bassist). 

    Sang vokalis Jackline yang sudah menjadi anggota resmi Cokelat sejak tahun 2012 pun tak menampik bila pada awalnya banyak penggemar yang membandingkan dirinya dengan Kikan.

    "Aku enggak pernah menganggap dibanding-bandingkan itu masalah. Kebetulan vokalis sebelumnya selama 14 tahun bareng Cokelat dan punya tujuh album. Kalau aku punya kesempatan sama, mungkin aku juga akan seperti itu atau mungkin lebih. Itu bukan jadi acuan. Saat ini yang aku lakukan, membuktikan kemampuan aku," kata Jackline saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2016).

    Kikan saat ini sedang menjalani proyek musik bersama grup Kotak. Dalam penampilannya, mereka membawakan hit Cokelat. Begitu juga dengan Cokelat yang masih tetap memasukkan hit lawas mereka dalam aksi-aksi panggungnya. 

    "Banyak yang bilang Cokelat itu Kikan banget, tapi buat saya Kikan yang Cokelat banget karena sampai sekarang ke mana-mana dia membawakan lagu Cokelat," tegas Edwin.

    Menyikapi hal ini, Edwin mengaku tidak memermasalahkan. Karena hak cipta lagu-lagu hit Cokelat tidak milik perseorangan.

    "Hak cipta dipegang Sony Music, tidak masalah. Tetapi buat gue pribadi, ini tidak sesuai dengan kesepakatan sewaktu Kikan keluar. Dia pasti tahu puncak kariernya di mana. Buat saya tidak masalah."

    Cokelat baru saja merilis album bertajuk #Like! Album ini merupakan album perdana bersama vokalis baru mereka. 

    Secara tidak langsung, album ini menjadi pembuktian musikalitas Cokelat yang tak tergerus, meski mengalami bongkar pasang personel. Jackline justru membuktikan diri mampu berperan dalam proses kreatif Cokelat dengan menyumbang delapan lagu yang ditulisnya sendiri.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id