Di Balik Lagu Debu-Debu Berterbangan Efek Rumah Kaca

    Cecylia Rura - 08 Mei 2020 20:05 WIB
    Di Balik Lagu Debu-Debu Berterbangan Efek Rumah Kaca
    Efek Rumah Kaca (Foto: dok. Efek Rumah Kaca)
    Jakarta: Cholil Mahmud bercerita tentang lagu Debu-Debu Berterbangan yang dinilai magis memuat makna spiritualitas. Lagu Debu-Debu Berterbangan berangkat tak jauh dari pengalaman religi.

    "Berangkat dari sebuah fenomena yang dekat dengan kegiatan-kegiatan religi, mungkin Debu-Debu Berterbangan itu karena dia memang dilatari debu-debu berterbangan surat Al Azhar," cerita Cholil dalam Sambut Iftar Ala Medcom bersama Shindu Alpito, Jumat 8 Mei 2020.

    Debu-Debu Berterbangan sebelumnya memiliki judul tentatif Demi Masa. Pada saat yang sama sekitar tahun 2005-2006, Cholil mengatakan band Cokelat merilis lagu berjudul Demi Masa, Sehingga ERK memutuskan ganti judul tanpa mengganti esensi lagu.

    "Kita ganti, ambil line dari lagu itu yang mungkin juga bisa menggambarkan situasi Al Ashr itu. Gua ganti Debu-Debu Berterbangan," kata Cholil.

    Sejak kecil, Cholil Mahud bersekolah di madrasah dan membaca ayat iqro ketika mengaji. Secara personal, Cholil Mahmud terkesan dengan surat Al Ashr.

    "Buat gua pribadi Al Ashr sangat berkesan karena gua beberapa tahun di sekolah harus mengaji ketika pulang sekolah, terus menerus membekas," ceritanya.

    Cholil mengatakan, proses kreatif lagu Debu-Debu Berterbangan terjadi ketika belum banyak lagu religius bersifat ketuhanan bernapas pop rock belum banyak.

    "Walaupun setelah 2005 ke atas banyak habis itu kayak Gigi ada terus menerus, Ungu tapu sebelum itu 2005 awal belum banyak. Jadi kita pingin ada pendekatan religius yang literal ada hubungan langsung dengan bau-bau bersifat keagamaan. Oke, lagu ini," terang Cholil.

    Lagu Debu-Debu Berterbangan masuk di album Efek Rumah Kaca (2007). Album tersebut juga memuat lagu populer ERK seperti Desember, Sebelah Mata, Di Udara, dan Cinta Melulu.




     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id