Jenius Sejak Kecil, Kafin Sulthan Bersyukur Sudah Kuliah di Usia 16 Tahun

    Sunnaholomi Halakrispen - 09 Januari 2021 07:00 WIB
    Jenius Sejak Kecil, Kafin Sulthan Bersyukur Sudah Kuliah di Usia 16 Tahun
    Kafin di Ngobras Medcom.id, Jumat, 8 Januari 2021.
    Jakarta: Musisi muda Kafin Sulthan kian eksis di dunia hiburan Tanah Air. Kafin bahkan terbilang jenius, karena di usianya yang baru 16 tahun dia telah menjadi Mahasiswa Semester 3 di Universitas Indonesia.

    Tak hanya itu, Kafin telah jenius sejak kecil. Di usia 1,5 tahun ia sudah bisa membaca. Kemudian, Kafin menjalani bangku Sekolah Dasar di usia 3 tahun melalui program home schooling.

    Pelantun lagu Karena Cintamu ini juga sukses berkarier di dunia akting dengan memerankan film Keluarga Cemara. Ia juga terlibat dalam Drama Musikal Laskar Pelangi.

    "Saya rasa saya punya banyak motto dalam hidup saya. Soalnya kalau kita lagi sedang merasa down, motto hidupnya mau apa, nanti motto hidupnya apa," ujar Kafin di Ngobras Medcom.id, Jumat, 8 Januari 2021.

    "Tapi yang sekarang lagi kepikiran mottonya jangan membandingkan diri kita dengan orang lain. Sebisa mungkin bandingkan diri kita dengan diri kita yang sebelumnya," tambahnya.

    Ia setuju bahwa terkadang akan baik jika kita memandang hidup orang lain, istilahnya dengan melihat ke atas dan ke bawah. Hal itu bisa membuat kita bersyukur. Namun, di sisi lain, hal itu bisa menjadi tidak baik jika terus menerus dilakukan.

    Baginya, apabila terus menerus memikirkan kondisi orang lain, risikonya malah kita menjadi kurang berterima kasih dengan anugerah yang kita miliki. Maka, Kafin menekankan dirinya lebih baik membandingkan dirinya saat ini dengan dirinya di masa lalu.

    "Kita dulu pernah di level itu loh. Sekarang kita bisa menaiki batu-batu loncatan yang dahulu menjadi batu sandungan kita," pungkasnya.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id