Pembeli Misterius Rekaman Pertama Elvis Senilai USD300.000 Terungkap

    Adi Waluyo - 06 Maret 2015 18:22 WIB
    Pembeli Misterius Rekaman Pertama Elvis Senilai USD300.000 Terungkap
    Foto: Jack White / pitchfork.com
    medcom.id: Ketika asetat (acetate disc) rekaman pertama Elvis Presley dilelang pada bulan Januari lalu, identitas pembeli yang membayar USD300.000 (GBP197,000) masih dirahasiakan. Sekarang telah terungkap bahwa pembeli misterius itu adalah Jack White.

    Asetat yang berisi dua lagu Elvis Presley, "My Happines" dan "That's When Your Heartaches Begin" akan dirilis ulang oleh perusahaan rekaman Jack White, Third Man Records, dalam bentuk vinyl di hari Record Store Day, 18 April mendatang.

    Uniknya, Editor Billboard Joe Levy  sendiri yang mengantarkan asetat ini kepada White di Memphis, Tennessee. Ketika Levy tiba di Memphis, ia menyerahkan sebuah koper hitam kepada White, yang kemudian memberitahu anak buahnya di Third Man Records, "Ini adalah rekaman pertama yang pernah dibuat oleh Elvis Presley. Pada Record Store Day, Third Man Record akan merilisnya dalam bentuk vinyl."

    Elvis merekam "My Happines" dan "That's When Your Heartaches Begin" pada 18 Juli 1953 di Memphis Recording Service, yang dimiliki oleh bos Sun Records Sam Phillips. Kedua lagu ini telah muncul di banyak album kompilasi Elvis, tapi cerita yang sebenarnya tentang rekaman ini selalu simpang siur.

    Barulah setelah seorang teman Elvis Presley, Ed Leek, mengklaim telah membayar Elvis, yang baru berusia 18 tahun waktu itu, USD4 untuk membayar rekaman ini, benang merahnya mulai terlihat.

    Pembeli Misterius Rekaman Pertama Elvis Senilai USD300.000 Terungkap
    Foto: Elvis Presley acetate disc / art.gazeta.kz

    Asetat ini - satu-satunya yang ada di dunia - dijual oleh keponakan Leek dan akhirnya dibeli oleh Jack White. Legenda yang beredar mengatakan bahwa rekaman kedua lagu tersebut dipersembahkan Elvis untuk ibunya.

    Asetat disc, juga dikenal sebagai tes asetat, dubplate, atau lacquer (istilah teknis yang dipilih oleh para insinyur di industri rekaman), disc transkripsi ( rekaman khusus yang ditujukan untuk siaran radio) atau disc instan (karena dapat dimainkan setelah rekaman tanpa proses lebih lanjut), adalah jenis piringan hitam (gramofon), media penyimpanan suara mekanik, yang banyak digunakan dari 1930 ke 1950-an untuk tujuan rekaman dan siaran. Penggunaannya makin terbatas hari ini.

    Tidak seperti kaset biasa, yang terbentuk dari plastik dengan proses pencetakan produksi massal, yang disebut asetat disc dibuat dengan menggunakan mesin 'bubut' rekaman yang memotong alur audio sinyal-termodulasi ke permukaan pernis khusus (lacquer) di atas disk kosong.

    Diperlukan operasi real-time yang menggunakan peralatan yang rumit, mahal dan ahli yang terampil untuk mendapat hasil yang baik. Asetat disc dibuat untuk tujuan khusus, hampir tidak pernah dijual kepada masyarakat umum.

    Asetat disc dapat dimainkan pada setiap turntable normal, tetapi akan lebih cepat aus dari vinyl. Beberapa asetat disc sangat berharga karena kelangkaan mereka, terutama ketika piringan itu berisi materi yang tidak dipublikasikan. (the guardian, wiki)

     

     

    (AWP)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id