Band Rudi Soedjarwo, Sic Mynded Rilis Singel Baru

    Cecylia Rura - 26 Februari 2020 14:21 WIB
    Band Rudi Soedjarwo, Sic Mynded Rilis Singel Baru
    Sic Mynded (Foto: Dok. Sic Mynded)
    Jakarta: Singel Peace Within mengawali grup musik Sic Mynded merilis materi musik mereka di tahun 2020. Peace Within bercerita tentang kerumitan manusia yang tak kunjung menemukan kedamaian.

    Lagu Peace Within ditulis oleh Rudi Soedjarwo, vokal pada Oddie Octaviadi. Perilisan singel ini sekaligus melibatkan para anggota baru yakni Marcell Siahaan (drum, synth), Gatot Alindo (bass), Aldi Pagaruyung (bass), dan Adra Karim (synth).

    Peace Within di-mix Reney Karamoy dari band Scaller. Singel ini bahkan telah merilis video musik dengan sutradara muda Josse Keyzer.

    Sic Mynded adalah grup musik yang dibentuk Rudi Soedjarwo bersama Oddie Octaviadi di San Diego, California, Amerika Serikat pada 1993. Musik mereka diakui mendapat pengaruh industrial, metal, electonic, dan death metal.

    Demo pertama Sic Mynded berupa kaset berjudul Room 99 berisi tiga nomor lagu dan dicetak sebanyak seribu buah. Kaset ini beredar di Amerika.

    Setahun setelahnya, Sic Mynded merilis mini EP self-titled yang menjadi jalan mereka mendapat tawaran rekaman dari label Regarding Records di San Fransisco. Selama setahun, duo Sic Mynded ini membuahkan karya 10 nomor lagu yang terangkum dalam album Insight, dirilis pada 1995.

    Pada Februari 1999, album Insight dirilis ulang untuk pasar Indonesia dengan materi lagu baru, Jelaga dari Oddie dan Rudi. Album ini dirilis Rotorcop, sub-label Musica's Studio.

    Album Insight diapresiasi baik di Indonesia hingga mendapat nominasi Anugerah Musik Awards Indonesia kategori Best Electronic Duo/Group di penghujung 1999. 

    Sic Mynded merilis album ketiga Ketidaksempurnaan pada September 2003 melalui Staria Music Indonesia. Album ini dirilis tanpa kehadiran Rudi Soedjarwo yang saat itu fokus berkarier di dunia penyutradaraan.

    Singel Ketika Dunia Berputar dari album ketiga ini mendapat tanggapan baik dan mendapat frekuensi pemutaran tinggi di MTV Indonesia. Mereka pun banyak tampil di sejumlah media.

    Setelahnya, Sic Mynded memutuskan hiatus setelah Oddie bergabung menjadi frontman Getah, band gothic rock ketika dia kembali ke Indonesia pada 2006. Band ini dipimpin Oddie hingga akhir tahun 2018.

    Pada 2017, Marcell Siahaan memproduseri singel reka ulang Ketika Dunia Berhenti Berputar. Lagu ini dirilis melalui platform streaming pada 2018 dan masuk dalam album EP Menurut Saya milik Marcell Siahaan. Singel ini masuk dalam daftar nominasi AMI Awards 2018. Perilisan singel ini dianggak sebagai kembalinya nyawa Sic Mynded sebagai band.

    "Saya menyukai singel Ketika Dunia Berhenti Berputar yang selain karena musiknya yang gelap, liriknya juga bagus dan spiritual menurut saya. Kemudian saya memutuskan untuk memproduksi dan mengaransemen ulang lagu tersebut di bawah label independen saya Ruang Menyusui Recrods dengan mengajak serta Oddie sang vokalis," kata Marcell dalam keterangan tertulisnya.

    Pada momen yang sama, Oddie dan Rudi memutuskan reuni dan merilis singel baru. Band ini pun kembali hidup sejak akhir 2019 dengan para anggota barunya.

    "Buat saya, jadi bagian dari Sic Mynded, saya punya kesempatan untuk berekspresi tanpa batas. Dan itu santapan rohani yang paling ampuh," kata Rudi Soedjarwo.

    "Lagu Peace Within ini akan menjadi bagian dari rangkaian materi yang Sic Mynded rilis selama tahun 2020, termasuk rilis ulang album-album lama. Sebuah konser tunggal akan diadakan di bulan April dengan menampilkan materi-materi pilihan dan akan menjadi santapan telinga, mata, dan jiwa yang berbobot," kata Oddie.

    Singel Peace Within dirilis sejak 21 Februari 2020. 


     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id