5 Alasan Once Mekel Pilih jadi Musisi daripada Pengacara

    Dhaifurrakhman Abas - 24 Agustus 2020 09:45 WIB
    5 Alasan Once Mekel Pilih jadi Musisi daripada Pengacara
    Once Mekel (Foto: Antara Foto/Teresa May)
    Jakarta: Musisi Once Mekel membeberkan kehidupannya sebelum terjun ke dunia musik Tanah Air. Dia pernah bekerja sebagai pengacara di sebuah perusahaan asing.

    "Gue pernah jadi layer perusahaan penelitian luar negeri yang bekerja dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)," kata Once melalui kanal YouTube Kuy Entertainment, dikutip Minggu 23 Agustus 2020.

    Once juga pernah bekerja di bagian hukum perusahaan konstruksi di Tanah Air. Mafhum, penyanyi berusia 50 tahun ini merupakan sarjana Hukum Universitas Indonesia angkatan 1989.

    "Gue udah pernah juga jadi lawyer di perusahaan construction sekitar dua tahun. Setelah itu gue enggak pernah lagi tekunin lawyering," papar dia.

    Once kemudian meninggalkan pekerjaannya sebagai pengacara setelah bertemu dengan Ahmad Dhani dan bergabung ke dalam grup musik Dewa 19. Dia menjelaskan lima alasannya memilih menekuni musik ketimbang dunia hukum.

    "Pertama, karena gue dilahirkan sepertinya, dan gue percaya, untuk jadi musisi dan penyanyi. Gue dibuat untuk itu," terang Once.

    Selain itu, dunia hukum menurut Once terlalu berat untuk dilakoninya. Dia merasa tak punya kelebihan di dunia tersebut dan tidak cocok dengan pola kerja ala karyawan.

    "Kedua, dunia hukum itu rumit dan banyak jagoannya. Gue enggak merasa punya kelebihan di situ meskipun gue bisa. Ketiga, gue juga enggak bisa kerja pagi-pagi," ucap Once.

    Once juga memaparkan, persoalan gaya rambut menjadi alasannya memilih hengkang dari dunia hukum. Bekerja sebagai pengacara membuatnya tak bisa memanjangkan rambut layaknya  rockstar.

    "Keempat, gue enggak lihat ada ahli hukum atau lawyer yang gondrong kecuali lawyer musik barangkail di LA dan gue enggak mau potong rambut," papar Once.

    Alasan terakhir yang membuat dirinya hengkang karena gaji sebagai musisi tak kalah dari seorang pengacara. Meski demikian Once mengaku sering penasaran dengan kehidupannya jika masih menjadi seorang pengacara.

    "Sebetulnya gue penasaran gimana kalau gue jadi lawyer beneran. Kali aja gue jadi hebat juga banyak ruko kayak Hotman Paris," tandas Once.

    Diketahui, Once sudah mulai kepincut dengan dunia musik sejak usia belia. Dia bahkan sudah mulai mengikuti festival musik ketika duduk di bangku SMP hingga berlanjut ke perguruan tinggi di fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1989.

    Ketika berkuliah Once kerap membaca buku-buku tua yang berdebu hingga masuk ke tenggorokanya. Sayangnya hal ini membuat pita suaranya bermasasalah dan memilih vakum dari dunia musik. Dia lantas fokus menjalankan perkuliahannya hingga lulus tahun 1996.

    Once kembali bergabung ke belantika musik Tanah Air ketika digaet Ahmad Dhani menggarap rekaman untuk film bertajuk Kuldesak. Dia kemudian didaulat Dhani menjadi vokalis Dewa 19 menggantikan posisi Ari Lasso pada 2000. 

    Bersama Dewa 19, Once telah merilis album Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2006) dan Kerajaan Cinta (2007).

    Once kemudian hengkang dari grup band yang membesarkan namanya itu pada 2011. Dia lantas melanjutkan kariernya bermusik sebagai solois dan telah merilis album solo bertajuk Once (2012) serta Intrinsik (2015).


    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id