Didik Nini Thowok Kesal Lathi Dikaitkan dengan Lagu Pemuja Setan

    Dhaifurrakhman Abas - 24 Juni 2020 15:08 WIB
    Didik Nini Thowok Kesal Lathi Dikaitkan dengan Lagu Pemuja Setan
    Didik Nini Thowok (Foto: Antara)
    Jakarta: Seniman Didik Nini Thowok menyayangkan jika lagu Lathi yang dinyanyikan Sara Fajira dan Weird Genius disebut sebagai musik pemuja setan. Menurutnya itu merupakan hal yang keliru.

    "Pada suatu waktu saya menonton podcastnya Deddy Corbuzier dengan Weird Genius. Lagu mereka dikomen (sebagai) lagu pemuja setan. Itu salah satu hal yang menggelitik saya," kata Didik ketika berbincang dengan Medcom.id melalui sambungan telpon, Rabu 24 Juni 2020.

    Menurut Didik, lagu Lathi memiliki makna dan filosofi yang jauh lebih dalam ketimbang mistis. Lagu tersebut diintepretasikannya sebagai bentuk kemarahan seorang perempuan yang tergambarkan dengan budaya Noh dari Jepang.

    "Saya melihat di dalam klipnya Weird Genius ini memang menggambarkan wanita disakiti kemudian muncul menjadi menakutkan. Dan itu saya lihat paralel dengan filosofi Jepang ini (teater Noh)," ucap dia.

    Tak hanya lagu Lathi, Didik juga menyayangkan jika banyak lagu-lagu tradisi Jawa macam Lingsir Wengi kerap dikaitkan dengan lagu pemanggil setan. Menurutnya itu merupakan presepsi yang salah kaprah.

    "Saya enggak tahu kenapa ada muncul angkatan itu. Saya tidak mengerti, mengapa ada dari generasi milenial yang tidak paham budaya Jawa dan menganggap lagu-lagu itu, secara umum sebagai lagu pengundang setan. Itu membuat saya semakin kesal," ucap dia.

    Agar tak salah presepsi, Didik menyarankan masyarskat khususnya angkatan milenial agar mau belajar tradisi dan kebudayaan di Indonesia. Dia tak ingin budaya-budaya Indonesia yang bernilai sejatah tinggi justru dikaitkan dengan hal-hal mistis.

    "Untuk itu dibutuhkan pendalaman-pendalaman yang menurut saya perlu disharingkan kepada generasi milenial supaya mereka tidak asal menjustifikasi dan menilai sesuatu tanpa mengetahui filosofi dan sejarah dari sebuah tradisi, agar tak menjadi generasi bobrok," tandas dia.


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id