Gitar Kurt Cobain yang Digunakan di MTV Unplugged Laku Rp85 Miliar

    Dhaifurrakhman Abas - 22 Juni 2020 12:04 WIB
    Gitar Kurt Cobain yang Digunakan di MTV Unplugged Laku Rp85 Miliar
    Gitar Martin D-18E 1959 yang digunakan Kurt Cobain (Foto: via Reuters)
    Jakarta: Gitar akustik yang digunakan vokalis band Nirvana, Kurt Cobain, dalam acara MTV Unplugged sebelum kematiannya berhasil dilelang. Gitar tersebut laku seharga USD6,01 juta atau setara Rp85 miliar.

    Gitar akustik dengan seri Martin D-18E 1959 digunakan Cobain dalam siaran MTV Unplugged pada 1993. Lima buan setelah penampilan itu, sang mega bintang ditemukan meninggal dunia pada 5 April 1994.

    Gitar ini dijual berikut dengan wadah gitar usang dan tas yang menjadi tempat penyimpanan heroin milik Cobain. Penjualan mulai dibuka mulai 19 Juni 2020 oleh rumah lelang Julien di Beverly Hills.

    Pelelangan gitar tersebut mulai dibuka dengan harga Rp14,9 miliar. Menjelang hari pelelangannya gitar tersebut sudah memantik minat empat pembeli di situs web Lelang Julien.

    Namun pada Sabtu, 20 Juni 2020, sebanyak tiga peminat lainnya menawarkan harga yang lebih tinggi. Hingga akhirnya gitar tersebut berhasil disabet Peter Freedman, pendiri Rode Microphones, yang menawar gitar tersebut seharga Rp85 miliar.

    "Ketika saya mendengar bahwa gitar ikonik ini siap untuk dilelang, saya langsung tahu itu adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mengamankannya," kata Freedman.

    Dengan terjualnya Martin D-18E 1959 milik Cobain, hal ini praktis memecahkan penjualan gitar termahal yang sebelumnya disandang Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd. Kala itu gitar tersebut dijual seharga USD3,95 juta atau sekitar Rp56 miliar pada tahun lalu.
     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id