Mendag Enggar Ikut Pantau Perkembangan K-Pop di Indonesia

    Cecylia Rura - 16 Juli 2019 22:52 WIB
    Mendag Enggar Ikut Pantau Perkembangan K-Pop di Indonesia
    Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ikut memantau perkembangan kultur K-Pop yang kian masif di Indonesia. Dia cukup kaget melihat perkembangan budaya dari Korea Selatan.

    "Really surprise bahwa itu sudah menjadi sesuatu yang disukai anak-anak muda, oleh milenial. Mengenai K-Pop, dance, dan sebagainya saya kaget-kaget juga," kata Enggartiasto Lukita di Metro TV, Jakarta Barat, Selasa 16 Juli 2019.

    "Tapi itu sesuatu yang tidak bisa dihindari ya, mengalir saja. Ada satu ketika nanti, kultur kita, budaya kita, seni kita akan juga bisa dinikmati oleh masyarakat di berbagai belahan Bumi," kata Enggar.

    Enggartiasto ikut hadir dalam acara penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara Media Group News, Universal Artists Media Group Korea, dan Bimantara Citra. Kesepakatan tersebut adalah bentuk kerjasama ketiga stakeholder dalam mengembangkan dunia broadcasting terutama TV digital serta konten hiburan dari Korea Selatan seperti K-Pop dan drama Korea. Dalam kata sambutan, Enggartiasto turut menyebutkan dua grup band Korea Selatan yang kini paling diminati.

    "Di 2025 lebih dari 50 persen penduduk Indonesia adalah usia produktif. Mereka menyanyi Blackpink dan BTS. Hubungan Indonesia dan Korea bukan hanya trade dan investment. Dan lebih dari itu yaitu people to people connecting (hubungan antar manusia)," ujar Enggar.

    Enggar juga melihat banyak warga Korea yang memiliki perhatian lebih terhadap Indonesia selain drama Korea dan K-Pop yang kian diminati.

    "Kita saksikan bagaimana orang-orang Korea suka ke Bali dan makanan seafood Indonesia dan bagaimana orang Indonesia suka drama Korea, K-Pop, Jeju Island, soju, dan kimchi. Saya pernah mengatakan kepada Ambassador Kim, bahwa di Jabotabek saja ada lebih dari 245 restoran dan bar Korea," kata Enggar.

    Enggartiasto sendiri mengaku mengenal Blackpink dan BTS dari anak dan cucunya. Meski begitu, mereka tetap memantau berita-berita terkini dari stasiun Metro TV.

    "Lewat anak saya. 'Ini apalagi?' (tanya Enggar). Dia baru menjelaskan sesudah itu. Tapi kalau ditanya apa yang disukai? Berita di Metro," pungkas Enggar.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id