Duta Kenang Masa Ketika Sheila On 7 Kena "Bully"

    Cecylia Rura - 04 Juni 2019 16:28 WIB
    Duta Kenang Masa Ketika Sheila On 7 Kena
    Akhdiyat Duta Modjo (Foto: YouTube/Sheila On 7 TV)
    Jakarta: Band Sheila On 7 menjadi saksi dan rekam jejak terbaik sepanjang karier bermusik Akhdiyat Duta Modjo, sang vokalis. Duta mengenang momen pertama kali bekerja profesional bersama Sheila On 7 saat masih berusia belasan tahun. Momen itu dikenang saat dia menceritakan lika-liku perjalanan Sheila On 7 yang cukup berbeda selama 23 tahun terakhir jika dibandingkan dengan kisah sukses lain.

    "Kalau Sheila On 7 agak berbeda karena di awal kemunculannya di usia yang masih sangat muda waktu itu tahun 1998 saya masih 18 tahun. Saya mendapatkan kontrak rekaman profesional pertama saya dalam hidup saya di saat saya umur 18 tahun lainnya ada yang 18 ada yang 19," kata Duta dalam kesan pesan ulang tahun Sheila On 7 ke-23 melalui channel YouTube Sheila On 7 TV, Senin, 3 Juni 2019.

    Kehadiran Sheila On 7 saat itu diakui Duta langsung mendapat respons baik dari penikmat musik mereka yang kini disebut dalam komunitas Sheila Gank. Namun, dia tidak menampik ada beberapa orang yang mengkritik aksi panggung mereka karena dinilai tidak sepadan dengan penjualan album yang melonjak tinggi.

    "Awal kemunculannya secara karya musiknya penjualan album sangat bagus tapi Sheila On 7 dinilai cukup kurang baik dalam penampilan sebagai seorang musisi di panggung sehingga kalau zaman sekarang banyak yang bilang Sheila On 7 band tanpa haters, anak-anak mungkin milenial yang mulai mendengarkan Sheila On 7, tapi kalau mungkin orang seumuran Sheila On 7, sedikit lebih tua, sedikit lebih muda dari Sheila On 7 tahu persis bagaimana Sheila On 7 banyak dikritik dan dalam tanda kutip banyak di-bully saat awal kemunculannya," kata Duta.

    Duta tidak secara spesifik menjelaskan alasan kritik tersebut, tetapi predikat band dengan penjualan album jutaan kopi saat itu dikatakan tidak seimbang dengan aksi panggung Sheila On 7.

    "Ada yang memang dasarnya tidak suka, ada yang memang dasarnya iri, ada yang memang dasarnya punya ekspektasi lebih. Sebuah band yang menjual album jutaan kopi tapi ternyata penampilan panggung tidak seperti band yang menjual rekaman jutaan kopi. Kemudian karakter pribadinya masih sangat anak-anak sekali dan saya prbadi tidak pernah menyesali itu karena kalau Sheila On 7 tidak melewati fase itu mungkin Sheila On 7 tidak akan ada dalam kedewasaan yang seperti sekarang," jelas Duta.

    Sheila On 7 mulai dibentuk 6 Mei 1996 di Yogyakarta dengan enam personel yakni Duta, Eross, Adam, Anton, dan Sakti. Anton dan Sakti kemudian mundur dan digantikan Brian sebagai penabuh drum sejak 2005 saat Sheila On 7 merilis album The Very Best of Sheila On 7.

     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id