comscore

Armand Maulana Segera Luncurkan Album Solo

Richaldo Y. Hariandja - 07 Maret 2017 07:00 WIB
Armand Maulana Segera Luncurkan Album Solo
(Foto: C & R)
medcom.id, Jakarta: Maraknya pembajakan, disadari musikus Tubagus Armand Maulana, 45, ialah hal yang akan membunuh penghidupan dan juga kreativitas para pekerja seni. Menurutnya, royalti yang hilang karena pembajakan tidak akan dapat dikembalikan.

Karena itu, dirinya secara khusus menaruh harapan pada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dibentuk pemerintah sebagai wadah para pekerja seni.
"Kalau yang dulu-dulu (royalti) tidak mungkin bisa dikembalikanlah, tapi paling tidak saya harap 2017 ini mulai ada perubahan," ucap Armand saat ditemui di sela Jakarta International Java Jazz Festival, Minggu (5/3) lalu.

Dia mengatakan harapan terhadap pembenahan sistem honorarium tidak hanya mengatur musik, tetapi juga dunia seni lainnya, termasuk film.

Pembenahan yang diharapkan untuk rampung pada tahun ini pun dibarengi niat vokalis grup band Gigi itu untuk meluncurkan album solo. Disinggung soal rencananya, kata Armand, menjalani proyek karier solo tidak lantas membuatnya meninggalkan Gigi, band yang telah membesarkan namanya.

Solo karier menjadi salurannya yang lain dalam berkarya.

"Karena ada ide-ide yang tidak tersalurkan di Gigi, di situ gue berempat. Jadi, tidak bisa memaksakan satu ide saja," terang Armand.

Menurut suami penyanyi Dewi Gita itu, selama ini dirinya menjadi satu-satunya personel dari Gigi yang 'taat peraturan'.

Anggota band lainnya, seperti Dewa Budjana dan Thomas Ramdhan, setiap tahun selalu mengeluarkan album proyek solo masing-masing.

"Nah makanya sekarang saya coba keluarin proyek ini, insya Allah habis Lebaran sudah meluncur di pasaran," ucap Armand.

Sisi lain

Dalam proyek solo, Armand meninggalkan ciri khasnya sebagai penyanyi beraliran pop-rock. Kali ini dirinya tampil lebih kalem dengan alunan pop yang jauh dari apa yang biasa diperlihatkannya saat bersama Gigi.

"Ini bukan untuk membuktikan saya bisa kalem dan berbeda, melainkan lebih memperkenalkan sisi lain saya, alter ego," terang pria yang sempat menjadi model sampul majalah saat masih SMP tersebut.

Dia mengatakan, dirinya pun sempat mendengarkan musik beraliran jazz di era 1980. Itu sebabnya, ide untuk membuat aliran musik serupa coba dituangkan pada proyek solonya.

Menurut dia, tidak ada kesulitan untuk membuat proyek solo.

Bahkan, selama memperlihatkan penampilan berbeda tersebut pada panggung-panggung off air, dirinya mendapat masukan positif.

"Satu sampai tiga lagu memang pada bengong, tapi pada akhirnya mereka memperlihatkan wajah menikmati penampilan saya," terang Armand yang mengaku sudah melakukan pertunjukan solo hampir 30 kali tersebut.

Menurut ayah satu putri tersebut, ajang Java Jazz turut membantunya untuk menyadarkan masyarakat tentang sisi lainnya. Dirinya mendapat kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan musikus yang sama sekali tidak beraliran pop-rock seperti Gigi.

"Ada Tulus, Glenn, Yura, serta Igor. Artinya mereka sudah recognize kalau (proyek solo) saya porsinya seperti mereka, bahkan diberi satu panggung khusus," tukas Armand.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id