Penggemar BTS dari Berbagai Belahan Dunia Berdonasi untuk Kampanye BLM

    Dhaifurrakhman Abas - 08 Juni 2020 15:04 WIB
    Penggemar BTS dari Berbagai Belahan Dunia Berdonasi untuk Kampanye BLM
    BTS (Foto: via Soompi)
    Jakarta: Penggemar BTS, Army, mendukung kampanye Black Lives Matter (BLM). Hal itu dilakukan dengan mengumpulkan donasi untuk mendukung gerakan tersebut.

    "Kami sangat bangga bahwa ARMY sekali lagi menyalurkan kekuatan mereka untuk selamanya dan membuat dampak nyata dalam perang melawan rasisme anti-kulit hitam," kata One In An ARMY (OIAA), sebuah kelompok yang menjalankan kampanye donasi atas nama basis penggemar BTS, dikutip Reuters, Senin 8 Juni 2020.

    Penggalangan dana yang dilakukan OIAA hingga Minggu, 7 Juni 2020 waktu setempat sukses terkumpul mencapai Rp14 Miliar. Donasi tersebut akan diserahkan kepada organisasi resmi penggalang dana untuk BLM.

    "Kami berdiri dalam solidaritas. Mereka (warga kulit hitam) adalah bagian penting dari keluarga kami.  Dan kami berdiri dengan warga kulit hitam di manapun.  Suara Anda layak didengar," papar OIAA.

    Sebelumnya, BTS dan agensinya Big Hit Entertainment, berpartisipasi terhadap kampanye Black Lives Matter. Bentuk dukungan dilakukan dengan menyumbangkan dana sebesar 1 juta dolar AS atau senilai Rp14 miliar terhadap kampanye itu.

    “Kami tersentuh oleh kemurahan hati BTS dan sekutu di seluruh dunia,” kata direktur pelaksana Black Lives Matter, Kailee Scales, dikutip Variety, Minggu 7 Juni 2020.

    Sumbangan yang diberikan BTS dan agensinya ditransfer awal minggu ini. Tanda penerimaan dana sumbangan terhadap  Black Lives Matter pun sudah dikonfirmasi langsung oleh agensi Big Hit pada Jumat 5 Juni 2020 waktu Korea Selatan.

    "Ini adalah bentuk solidaritas dalam perjuangan untuk kehidupan orang kulit hitam," sambung Scales.

    Selain BTS, sejumlah bintang K-pop lainnya juga turut berpartisipasi dan berdonasi untuk kampanye ini, baik sebagai individual maupun kelompok. Mereka di antaranya personel GOT7,  Mark Tuan, yang berkebangsaan Amerika Serikat. Dia menyumbangkan 7.000 dolar AS atau setara Rp98 juta untuk George Floyd Memorial Fund.

    Selain itu adapula rapper Korea-Amerika, Park Jun-won, atau yang dikenal dengan nama panggung pH-1. Dia menyumbangkan 4000 dolar AS atau setara Rp56 juta ke Black Lives Matter, dan Minnesota Freedom Fund dari JaeDAY6.

    Gelombang protes bertajuk Black Lives Matter melanda seantero AS usai seorang pria berkulit hitam bernama George Floyd meninggal dunia pada 25 Mei 2020 lalu. Floyd meninggal usai lehernya ditindih seorang polisi bernama Derek Chauvin.
     
    Chauvin dan tiga rekannya telah dipecat dari jajaran Kepolisian Minneapolis satu hari usai kejadian. Keempat anggota polisi yang terlibat kini semuanya didakwa pembunuhan.

     

    (ASA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id