Julian Jacob Tak Minta Royalti untuk Karyanya, Netizen: Lagu Lu yang Mana Jul?

    Adri Prima - 07 April 2021 16:55 WIB
    Julian Jacob Tak Minta Royalti untuk Karyanya, Netizen: <i>Lagu Lu yang Mana Jul?</i>
    Julian Jacob (foto:instagram)



    Jakarta: Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021, setiap musisi berhak mendapat royalti jika karya mereka diputar di tempat-tempat ramai pengunjung termasuk seperti cafe, bar, supermarket, dan hotel. 

    Peraturan tersebut telah disahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 30 Maret 2021. Setelah pengesahan peraturan itu, pemerintah juga resmi membentuk Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) untuk membantu pemerintah mengenai hak cipta musik.






    LMKN beranggotakan pencipta dan pemilik hak terkait. Tugasnya, untuk memberikan pelindungan dan kepastian hukum terhadap pencipta lagu dan pemegang hak cipta. Juga, melindungi pemilik hak terkait terhadap hak ekonomi atas lagu dan atau musik.

    "Setiap orang dapat melakukan penggunaan secara komersial lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial dengan membayar royalti kepada pencipta, pemegang hak cipta, dan/atau pemilik hak terkait melalui LMKN," tulis pasal 3 ayat 1 dalam PP No. 56 Tahun 2021. 

    Aturan ini disambut baik oleh segenap musisi khususnya komposer atau pencipta lagu. "Tentu saja PP No 56 Tahun 2021 tentang royalti ini menggembirakan untuk industri musik," kata Ketua Umum Lembaga Manajemen Kolektif Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), Dwiki Dharmawan dikutip dari Antara Rabu 7 April 2021. 

    Di saat semua musisi nasional menyambut baik PP nomor 56 tahun 2021 tersebut, salah satu musisi bernama Julian Jacob juga ikut menyampaikan pandangannya. 

    Julian Jacob mengaku sama sekali tak keberatan jika lagu miliknya diputar di supermarket, hotel, maupun warung tanpa mendapat royalti.

    "Untuk supermarket, hotel, toko kecil, warung, kuli bangunan yang lagi kerja, atau siapa pun yang ingin puter lagu saya di tempat publik. Dipersilakan memutar sepuas hati tanpa perlu kasih royalti ke saya," tulis Julian lewat akun Twitter pribadinya @JulianJacs1794. 

    "Karya bukan melulu soal duit. Perhitungan dalam berkarya adalah kalah sebelum tempur," lanjut Julian Jacob. 

    Cuitan Julian juga mendapat kritikan oleh para musisi yang lebih senior seperti Anji hingga Melly Goeslaw. Kini, terpantau cuitan tersebut sudah dihapus oleh Julian. 

    Alih-alih mengutarakan pendapatnya, Julian Jacob justru mendapatkan respon negatif dari warganet. 

    "Julian itu lagunya yg mana, sudah berapa album sih?" kata netizen.

    "Julian jacob itu siapa sih?" tanya netter lain.

    "Lagu kamu judulnya apa Jul?" timpal salah satu akun.

    "dia lagunya apa aja sih?" ujar akun lainnya.

    "Ini orang siapa yak?" tukas netter lain.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id