Cerita Syaharani Seleksi Ribuan Lagu ke Dalam Nominasi AMI Awards 2021

    Medcom - 19 Oktober 2021 08:00 WIB
    Cerita Syaharani Seleksi Ribuan Lagu ke Dalam Nominasi AMI Awards 2021
    Syaharani (Foto: medcom)



    Jakarta: Tim Sidang Kategorisasi Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2021 Syaharani mengaku menghabiskan waktu selama 10 hari untuk menyeleksi 4.645 lagu yang masuk ke daftar lagu ajang tersebut. Selain karena jumlah lagu yang banyak, warna lagu di tahun ini pun semakin beragam.

    "Tapi menyenangkan banget loh ya karena ada beberapa pergeseran warna lagu yang signifikan dari tahun ke tahun terutama di pop," kata Syahrani dalam konferensi pers virtual.

     



    Selain warna lagu yang semakin beragam, jumlah peserta musik Jazz di AMI Awards semakin bertambah dibanding tahun sebelumnya. Tak hanya itu, musik Blues pun kini masuk ke dalam kategori AMI Awards 2021 karena memenuhi syarat yaitu ada lima karya yang masuk.

    Pengalaman dalam menyeleksi lagu di AMI Awards 2021 ini sangat berkesan. Ia bersama tim melakukan diskusi mulai dari pukul 09.00-22.00 WIB melalui Zoom. Kegiatan tersebut dilakukan selama 10 hari demi memastikan bahwa lagu yang masuk nominasi benar-benar yang terbaik.

    "Jadi panjang sekali yang kita diskusikan because we don’t wanna miss a thing,” kata Rani.

    Timnya memerlukan waktu yang cukup panjang untuk berdiskusi. Selain karena banyak hal yang perlu dibahas, masalah teknis seperti jaringan internet pun sempat menjadi kendala yang mengharuskan mereka menghentikan beberapa diskusi.

    "Ada beberapa kali yang harus kita tutup karena internetnya tak berjalan dengan baik. Tapi bersyukur banget bisa diatasi semuanya dan jadilah kategorisasi itu rapi," lanjutnya.

    Daftar Nominasi AMI Awards 2021

    Rani sempat berdikusi panjang mengenai beberapa genre musik di Indonesia seperti Pop, Jazz Kontemporer, dan Alternatif. Menurutnya warna musik di genre tersebut sangatlah beragam sehingga harus benar-benar teliti dalam menilainya. Apalagi genre Pop sedang mengalami pergeseran warna musik yang sangat signifikan.

    "Tahun lalu banyak musik yang gitar dan vokal misalnya yang kayak 'senja' tapi masih Pop itu kan harus dinilai dengan tidak hanya teoritikal tapi juga ada rasa yang harus didiskusikan. Terus di tahun ini banyak yang ada touch light RnB tapi masih Pop, jadi pergeserannya sangat cepat kalau pop," tutupnya.
     
    (Aulya Syifa)







     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id