comscore

Pakar Sebut Lagu Kekeyi Bukan Plagiat

Cecylia Rura - 06 Juni 2020 15:12 WIB
Pakar Sebut Lagu Kekeyi Bukan Plagiat
Lagu Keke Bukan Boneka
Jakarta: Irfan Aulia Irsal dari Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) menilai lagu Keke Bukan Boneka bukan tindak plagiarisme. Sebab, secara keseluruhan tidak serupa.

"Dalam kontekstual seperti yang ada dalam kasus lagu Kekeyi dilihat secara lagu bukan plagiarisme, tapi mengutip bagian lagu tertentu itu harus dengan izin atau sepengetahuan pencipta lagu yang dikutip," kata Irfan berbincang dengan Medcom.id, Sabtu 6 Juni 2020.
Pada lagu Keke Bukan Boneka terdapat bagian yang terdegar persis dengan lagu Aku Bukan Boneka ciptaan Novi Umar untuk dinyanyikan Rinni Wulandari pada 2007. Aku Bukan Boneka diproduksi Sony Music Entertainment Indonesia.

"Dalam konteks Novi Umar sebagai pencipta diwakilkan oleh sebuah music publisher, maka nanti akan mengurus perizinannya memang music publisher tersebut," kata Irfan Aulia.

"Kalau Novi Umar ini pencipta self-published, maka yang ingin menggunakan bisa langsung izin kepada penciptanya, tetapi dalam konteks ini Novi Umar itu harus diwakilkan oleh music publishing-nya Sony," terang Irfan.

Menurut Irfan, bagian Keke Bukan Boneka yang menyerupai Aku Bukan Boneka adalah mengutip sebagian. Persoalannya pada izin kepada pencipta lagunya.

"Pendapat pribadi saya, saya tidak melihat plagiarisme karena ini mengutip sebagian, yang menjadi masalah berizin atau enggak," kata Irfan.

Faktor lain yang membuat Irfan menilai lagu Keke Bukan Boneka bukan plagiarisme adalah pengalaman mendengarkan musik dari penyanyinya. "Bisa saja dia pernah dengar-dengar tapi  dia enggak tahu lagunya pernah dipopulerkan sebelumnya, cuma dia terbatas untuk mencari tahu," kata Irfan.

Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka merilis video musik perdana berjudul Keke Bukan Boneka, Jumat 29 Mei 2020. Pada opening, tertulis lagu dan lirik diciptakan Kekeyi, arranger music dan editor dari Studio68 Record, dan video dari sutradara Helmi Priyo Susanto. Video Keke Bukan Boneka langsung melesat dalam trending YouTube di Indonesia.

Namun, selang beberapa hari video itu di-take down oleh YouTube karena tertulis ada klaim cipta dari Rini Idol - Aku Bukan Boneka. Kekeyi pun melakukan klarifikasi melalui YouTube dunia MANJI bahwa tak ada unsur kesengajaan dan meminta maaf.

Video musik Kekeyi berjudul Keke Bukan Boneka kini telah pulih dan dapat disaksikan kembali di YouTube. Video Keke Bukan Boneka kembali masuk dalam daftar trending YouTube di Indonesia hingga Sabtu, 6 Juni 2020.

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id