comscore

Pamungkas Kagumi Perkembangan Musik Kunto Aji

Cecylia Rura - 01 Desember 2019 19:08 WIB
Pamungkas Kagumi Perkembangan Musik Kunto Aji
Pamungkas. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jakarta: Pamungkas melihat perkembangan baik di industri musik independen. Hal itu tercermin dari progres musik Kunto Aji yang dinilai berangkat dari indie perlahan masuk industri mainstream.

"Dua tahun terakhir musik Indonesia sudah enggak ada gap antara indie dan mainstream karena semuanya sudah bercampur. Mas Kunto Aji yang menurutku awalnya stand out dari yang indie tiba-tiba masuk mainstream," kata Pamungkas di Jakarta Barat belum lama ini.

 



Kunto Aji berangkat dari ajang pencarian bakat kemudian mematangkan karier solo lewat album perdana Generasi Y. Berkat karya album kedua, Mantra Mantra, Kunto Aji makin mendapat apresiasi di hati penikmat musik.

Selain melihat progres baik musik indie yang berkaca dari perjalanan musik Kunto Aji, Pamungkas menilai ekosistem musik semakin mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Sekarang dengan adanya ini (AMI Awards), menurutku secara enggak langsung ekosistem industrinya pelan-pelan kita naik. Enggak cuma dari musisinya tapi dari teman-teman media, dari audiens juga," kata Pamungkas.

Pamungkas pun optimistis musisi Indonesia mampu sejajar dengan kualitas musisi di tingkat Asia Tenggara.

"Ekosistem industrinya misalnya kita sekompak ini, menurutku dua, tiga tahun lagi harusnya sudah jauh lebih berani kalau disandingkan sama Asia Tenggara secara industri musik," ujar pelantun Sorry itu.

Pamungkas dikenal dengan karya lagu yang bernuansakan sendu. Untuk ke depan, dia masih akan mengerjakan nuansa musik yang sama.

"Kalau album pertama tradisi dari anak bocah ke dewasa. Album kedua, mungkin yang dewasa, sekarang sudah lebih dewasa. Mungkin tahun depan (album baru). Insya Allah, belum pasti," kata Pamungkas.

 

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id