Lagu Diyakini Ampuh untuk Dorong Masyarakat Mawas Diri Hadapi Korona

    Dhaifurrakhman Abas - 06 April 2020 17:17 WIB
    Lagu Diyakini Ampuh untuk Dorong Masyarakat Mawas Diri Hadapi Korona
    Ilustrasi (Foto: ist)
    Jakarta: Diva Indonesia, Titi DJ, menyebut lagu bisa menjadi medium penyampaian pesan dan informasi yang baik buat masyarakat. Melalui lagu, pesan tersampaikan lewat alam bawah sadar para pendengar.

    "Dengan lagu, akan membuat orang mudah untuk sing a long. Tanpa disadari mereka akan masuk ke alam bawah sadar mereka untuk menuruti," kata Titi, melalui video conference, Senin 6 April 2020.

    Menurutnya, lagu juga jadi salah satu opsi buat menyampaikan informasi di tengah pandemi virus korona. Misalnya saja penyampaian imbauan untuk menjaga jarak untuk menghindari penularan virus.

    "Melihat karakter orang Indonesia, menurut saya, semakin dibilang keras justru ngelawan. Dan sebagai musisi kita mengimbau lewat lagu yang notabene bukan kasar, kita dengan nyanyian," paparnya.

    Hal senada diucapkan penyanyi Anji. Menurutnya, lagu merupakan medium penyuluhan dan penyampaian yang tepat tanpa adanya kesan menggurui.

    "Sama kayak mbak Titi. Menurut saya, pesan agama, atau apapun, bahkan untuk pilpres saja musisi banyak terlibat. Maksudnya di sini orang bertahan hidup tapi ada saatnya mereka butuh hiburan. Masa di mana mereka stalking Instagram artis yang mereka kenal. Di situ peran musik ini masuk," ucap Anji.

    Sebelumnya, Anji, Titi DJ dan belasan musisi lainnya menggarap lagu bertajuk Menjaga Dunia besutan Grup Mahaka Radio Integra (MARI). Lagu ini didedikasikan untuk dunia yang tengah berjuang pulih dari pandemi virus korona.

    “Tim MARI sangat prihatin akan keadaan saat ini. Namun kita harus tetap menyatu dalam hati dan punya semangat yang sama untuk kembali pulih. Dan kita menyuarakan lewat lagu ini," kata CEO MARI, Adrian Syarkawie, melalui video conference, Senin 6 April 2020.

    Adrian mengatakan, lagu ini juga dijadikan imbauan kepada masyarakat agar menerapkan aturan work from home sesuai yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Hal ini semata buat mencegah penularan virus korona.

    "Melalui lagu Menjaga Dunia, tersirat adanya pesan untuk menjaga diri dan jarak secara fisik sesuai anjuran pemerintah," tanfas dia.

    Lebih lanjut, lagu Menjaga Dunia secara serentak akan diperdengarkan mulai hari ini di radio grup MARI, yaitu JAK 101 fm, GEN 98.7 fm, GEN 103.1 fm, HOT 93.2 fm, KIS 95.1 fm, MUSTANG 88 fm dan MOST Radio 105.8 fm. Lagu ini juga akan disiarkan secara streaming di aplikasi NOICE dan berbagai platfotm musik lainnya.

    Melalui peluncuran lagu Menjaga Dunia, MARI bersama para musisi juga mengajak masyarakat untuk bergerak aktif memberikan kontribusi membantu sesama lewat donasi melalui laman kitabisa.com hingga 24 April 2020. Seluruh donasi yang terhimpun dalam program ini akan disalurkan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan, diantaranya yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. 





    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id