Efek Rumah Kaca Siapkan Album Mini Tahun Ini

Purba Wirastama - 13 Februari 2018 21:22 wib
Efek Rumah Kaca (Foto: medcom/shindu)
Efek Rumah Kaca (Foto: medcom/shindu)

Jakarta: Setelah lebih dari dua tahun sejak merilis album terakhir, Efek Rumah Kaca telah menyiapkan materi untuk album terbaru. Namun menurut sang drummer Akbar Bagus Sudibyo, mereka baru bisa mengerjakan album mini lebih dulu.

"Mungkin tahun ini, kami akan bikin album mini," kata Akbar saat ditemui di XXI Club Djakarta Theater, Selasa, 13 Februari 2018.

Penyebabnya tak lain adalah hambatan jarak dan waktu antara Akbar dan Poppie Airil dengan vokalis Cholil Mahmud. Sejak 2016, Cholil tinggal di New York bersama istri dan anaknya.

"Karena perbedaan jarak dan waktu yang lumayan, jadi agak susah proses rekaman segala macam. Tapi kami sudah punya materi. Kami enggak mau muluk-muluk, mungkin akan bikin lima sampai enam lagu," tutur Akbar.

"Kalau Cholil di sini mungkin bisa jadi satu album. Cuma karena dia di sana, yang paling maksimal bisa kami bikin, mungkin album mini ini," imbuhnya.

Pengerjaan album akan dilakukan dalam jarak jauh dari tempat masing-masing di Jakarta dan New York. Akbar belum bisa memastikan siapa personel selain mereka bertiga yang akan bergabung.

Dalam sejumlah tur dan proyek lain, mereka biasa bekerja sama dengan pemain dan penyanyi antara lain Muhammad Asranur, Dito Budi, Agustinus Panji, Irma Hidayana, Natasha Abigail, dan Cempaka.

"Mereka ini sudah kayak keluarga. Jadi bebas saja kami mau ajak mereka atau tidak," tukas Akbar.

Album mini akan dirilis tahun ini. Sebelumnya, ERK telah merilis tiga album penuh sejak 2007, yaitu Efek Rumah Kaca, Kamar Gelap, dan Sinestesia.


 


(ELG)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.