Purwacaraka dan Dewa Budjana Menggali Nilai Musikal di Balik Candi Borobudur

    Sunnaholomi Halakrispen - 08 April 2021 22:09 WIB
    Purwacaraka dan Dewa Budjana Menggali Nilai Musikal di Balik Candi Borobudur
    Purwacaraka (Foto: instagram)



    Jakarta: Musisi Purwacaraka, Trie Utami, dan Dewa Budjana, menggaungkan Borobudur Pusat Musik Dunia. Purwacaraka pun menjelaskan fakta di balik project yang bertajuk Sound of Borobudur itu. Salah satunya, proses yang tidak sebentar.

    "Hampir lima tahun prosesnya," ucap Purwacaraka kepada Medcom.id.






    Ia menjelaskan, telah menjadi perhatian bahwa Borobudur diakui menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi terbesar dengan 1460 relief dan 504 stupa ini merupakan candi terbesar di seluruh dunia. Candi ini sempat hilang ditelan hutan ini ditemukan kembali di tahun 1814 oleh S.T.Raffles, Gubernur Letnan di Hindia Belanda waktu itu.

    Hal yang tak pernah usai digali ialah relief candi yang bukan hanya mencakup berbagai siklus kehidupan manusia, jenis tingkah laku, dan tipe manusia. Tetapi, juga flora fauna, kehidupan sosial politik, dan kesenian.

    Borobudur dinyatakan sebagai sumber pengetahuan yang belum tuntas diungkap, termasuk tentang lingkungan hidup dan aspek kultural yang begitu kaya pada masa lalu. Dari keseluruhan aspek Candi, sifat kosmopolitan telah tercermin dari bangunan arkeologis. Borobudur pun dinyakini sebagai pusat peradaban dunia.

    "?Gagasan ini berawal dari pandangan tersebut. Kami yang awalnya mencoba melakukan riset, kemudian berupaya mewujudkan relief-relief alat musik itu menjadi bentuk konkret," papar Purwacaraka.

    Seperangkat dawai dan alat gerabah yang sudah punah telah di rekacipta. Instrumen musik abad 8 itu dipertemukan dengan berbagai alat yang dikumpulkan dari 34 propinsi di Indonesia.

    Mereka membuat komposisi, aransemen, dan membunyikan relief itu dalam metode modern. Merekam belasan komposisi dan melakukan perekaman gambar. Relief itu sudah berbunyi. Sound of Borobudur sudah berkumandang.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id